Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Gadai Mobil Rental untuk Bayar Sewa Mobil

09 November 2019, 09: 51: 28 WIB | editor : Wijayanto

NEKAT: Kapolsek Sedati AKP Inggal Widya Perdana menunjukkan tersangka dan barang bukti.

NEKAT: Kapolsek Sedati AKP Inggal Widya Perdana menunjukkan tersangka dan barang bukti. (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Saibudi, 46, harus berurusan dengan polisi. Warga asal Malang itu diringkus lantaran membawa kabur mobil rental yang disewanya.

Kapolsek Sedati AKP Inggal Widya Perdana menceritakan, mulanya tersangka membuat kontrak kerja sama dengan korban yang warga Sedati untuk menyewa mobil Suzuki APV nopol N 1215 XL. Perjanjian dilakukan sejak bulan Januari 2019 lalu. “Perjanjian lisan,” terang Inggal.

Usai mendapatkan mobil sewa, tersangka mengoperasionalkan mobil bercat silver itu untuk rental. Delapan bulan berjalan, kerja sama bisnis antara tersangka dan korban berjalan mulus. Tersangka juga rutin membayar uang sewa kepada pemilik mobil yang juga warga Sedati itu. “Rp 3 juta tiap bulan,” sambungnya.

Namun, sejak September lalu gelagat tidak baik muncul dari tersangka. Dia mulai sulit dihubungi oleh korban. Bahkan, setoran sewa mobil juga tidak pernah dibayarkan.

Gelisah mobilnya hilang, korban melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Sedati. Berbekal laporan itu, polisi langsung melakukan penyelidikan. Salah satunya dengan melayangkan surat panggilan. Namun hal itu tidak digubris oleh tersangka.

Terpaksa, polisi menelusuri lebih lanjut dan berhasil menemukan keberaadaan tersangka di Malang. Tersangka langsung digelandang ke Mapolsek Sedati.

Dia mengaku jika mobil yang disewa dari korban telah digadaikan. Alasanya karena salah perhitungan saat menjalankan bisnis rental. “Gadai mobil untuk bayar setoran sewa,” aku tersangka. (son/nis)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia