Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Bakal Digarap, LRT untuk Gebang Kertasusila

09 November 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

PRIORITAS: Wagub Jatim Emil Elestiyanto Dardak (tengah) membahas transportasi berbasis rel di Surabaya.

PRIORITAS: Wagub Jatim Emil Elestiyanto Dardak (tengah) membahas transportasi berbasis rel di Surabaya. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk membangun Light Rail Transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT) untuk Gebang Kertasusila. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berkomunikasi dengan Ditjen Perkeretaapian untuk merealisasikan proyek strategis proyek itu.

Emil mengatakan, wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan atau Gerbang Kertasusila menjadi prioritas LRT karena wilayah itu menyumbang 46 persen ekonomi Jatim. "Gerbang Kertasusila juga menjadi prioritas pembangunan metropolitan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)," ujarnya, Jumat (8/11)

Emil menambahkan, program LRT bakal disinergikan dengan program-program yang ada di kabupaten dan kota agar tidak tumpang tindih. Karena itu, Pemprov Jatim akan mengumpulkan semua pemerintah kabupaten dan kota yang dilewati LRT untuk mendiskusikan program-program yang bisa disinergikan.

"Misalnya, Sidoarjo, apakah akan memanfaatkan jalur kereta api yang akan di-inter change untuk double track atau langsung terintegrasi dengan LRT," ujar mantan Bupati Trenggalek ini.

Emil mengungkapkan, ada sejumlah fakfor dipilihnya moda transportasi LRT ketimbang moda yang lain. Salah satunya tidak memakan jalan, selain kapasitasnya banyak. "Kecepatannya juga lumayan," ujarnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa LRT merupakan satu dari tiga program prioritas yang digadang-gadang untuk mendorong pendapatan domestik regional bruto. LRT merupakan program prioritas yang bakal digarap pemprov. (mus/rek)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia