Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Duduk di Jok Panas Bisa Bikin Mandul

08 November 2019, 15: 25: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

ilustrasi Duduk di Jok Panas Bisa Bikin Mandul

ilustrasi Duduk di Jok Panas Bisa Bikin Mandul (net)

Share this      

SURABAYA - Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kemandulan tidak hanya disebabkan pada perempuan saja. Laki-laki juga punya peran dalam kegagalan kehamilan. Bagi laki-laki, kegagalan kehamilan dipengaruhi oleh kualitas sperma yang buruk. Sperma yang buruk tak mampu membuahi sel telur, sehingga kehamilan susah didapatkan. Banyak faktor penyebab kualitas sperma buruk. Diantaranya adalah menduduki jok sepeda yang terlalu panas. 

Duduk di jok panas setiap hari dapat menyebabkan kemandulan pada laki-laki. Hal ini terjadi, karena jok yang panas akan mengganggu kerja skrotum atau testis penghasil sperma. Sehingga menghasilkan sperma yang tidak kuat dalam dalam membuahi sel telur. Yang dampaknya menghambat kesuksesan kehamilan.

Hal ini disampaikan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan dr. Amang Surya Priyanto, SPOG. MARS. Jika laki-laki terbiasa menduduki jok panas setiap hari, maka bisa membahayakan kualitas spermanya. Keadaan ini hanya terjadi pada laki-laki. Untuk itulah, ia berpesan kepada laki-laki untuk lebih berhati-hati. Terutama yang bekerja di atas motor  "Jadi biarkan dingin dulu joknya jangan langsung dinaiki kalau panas. Kalau bisa dilapisi selimut dulu," ujarnya. 

Selain itu, mengenakan celana yang terlalu ketat juga tidak danjurkan. Celana ketat memberikan tekanan kepada skrotum. Sehingga bisa mengganggu kualitas sperma yang dihasilkan. Maka dari itu, dianjurkan kepada pria agar memberikan ruang yang cukup longgar pada area reproduksi. Dengan menggunakan celana yang tidak terlalu ketat. "Pria yang hobinya bersepeda jauh, juga rentan terganggu produksi spermanya. Karena tekanan itu tadi," lanjutnya. 

Selain itu, gaya hidup seperti mengkonsumsi rokok dan alkohol juga dapat berdampak buruk pada kualitas sperma laki-laki. (ism/nur)

(sb/is/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia