Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Curi Lima Unit Laptop, Aksi Mantan Staf Tertangkap CCTV

07 November 2019, 22: 03: 12 WIB | editor : Abdul Rozack

DIAMANKAN: Tersangka dibektuk anggota Polsek Wonokromo, usai kedapatan mencuri.

DIAMANKAN: Tersangka dibektuk anggota Polsek Wonokromo, usai kedapatan mencuri. (ISTIMEWA)

Share this      

Aksi mantan staf mencuri lima unit laptop selama dua bulan terkuat karena saat melakukan aksinya pelaku tertangkap kamera CCTV. Tim Anti Bandit Polsek Wonokromo berhasil meringkus pelaku pencurian barang elektronik di sebuah gudang perusahaan penyedia alat multimedia di kawasan Ngagel, Surabaya, Rabu (9/10) silam. Pelakunya Gilbertus Aditama Arkana, 19, warga asal Desa Watogolong, RW 01/RW01, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo.

Ginanjar Elyas Saputra/Wartawan Radar Surabaya

Gilbertus bukanlah orang asing bagi pihak korban. Ternyata ia merupakan mantan karyawan yang sempat bekerja sebagai staf di perusahaan tersebut, kurang dari setahun.

Kapolsek Wonokromo AKP Christoper Lebang menuturkan, pelaku menggasak lima buah gadget jenis laptop yang tersimpan di dalam gudang logistik perusahaan. “Perusahaan sering mengeluh barang ilang. Pas kami cek CCTV ternyata dia (tersangka,Red) yang ambil. Kami geledah ada 5 buah laptop di rumahnya,” katanya pada awakmedia di Mapolsek Wonokromo, Kamis (7/11).

Aksi nekat pelaku itu muncul karena didukung pemahaman akan situasi dan kondisi gudang tempatnya dulu bekerja. Sehingga Gilbertus bisa leluasa menjajahi seluruh ruangan bekas kantornya itu. 

“Dia emang sudah keluar sebagai staf. Karena pernah kerja disitu jadi kenal situasi,” lanjutnya.

Pelaku menjalankan aksinya secara bertahap, dan dalam rentang waktu tertentu dalam kurun waktu dua bulan. “Dia ambilnya dalam waktu berbeda, dia pakai tas masukkan laptop itu agar aksinya tak ketahuan,” jelasnya.

Usai berhasil menggasak laptop tersebut, pelaku lantas menjual secara online melalui media sosial. “Barangnya saya jual di online, harganya bervariasi, tapi ya miring tergantung merek,” kata tersangka Gilbertus seraya menundukkan wajah di Mapolsek Wonokromo. (*/rud) 

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia