Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Dibebani Kenaikan Target Parkir Rp 12 M, Dinas Perhubungan Keberatan

06 November 2019, 15: 44: 48 WIB | editor : Wijayanto

DIGENJOT: Dewan dan Pemkab sepakat untuk menaikan target parkir tepi jalan umum.

DIGENJOT: Dewan dan Pemkab sepakat untuk menaikan target parkir tepi jalan umum. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dinas Perhubungan (Dishub) merasa keberatan dengan kenaikan target parkir pada pembahasan R-APBD 2020. Pasalnya, kenaikan target cukup besar dari target yang dicanangkan awal di KUA-PPAS. Bahkan angka kenaikannya melebihi pendapatan parkir saat masih menggunakan sistem berlangganan.

Dari data yang berhasil dihimpun, Tim-Anggaran (Tim-Ang) mengajukan perubahan target parkir tepi jalan umum pada R-APBD 2020 menjadi Rp 12 miliar. Padahal, pada KUA-PPAS target parkir tepi jalan umum hanya Rp 3,8 miliar.

“Kalau angkanya mencapai Rp 12 miliar kami masih berat. Karena saat parkir berlangganan saja perolehan pendapatannya hanya kisaran Rp 6 miliar hingga Rp 9 miliar,” ujar Kadishub Gresik Nanang Setiawan.

Namun, pihaknya belum bisa memberikan tanggapan terkait hal tersebut. Sebab, hingga kemarin belum ada komunikasi antara Tim-Ang dengan Dishub terkait kenaikan target pendapatan parkir tepi jalan umum. “Kami belum dapat informasi dari Tim-Ang. Nanti mungkin akan dilakukan pembahasan lagi,” terang dia.

Keberatan Dishub memang realistis. Bagaimana tidak, pada tahun 2019 ini saja mereka hanya mampu memperoleh pendapatan sebesar Rp 1,1 miliar dari target yang dicanangkan sebesar Rp 1,9 miliar. “Kalau dinaikan menjadi Rp 12 miliar berarti kenaikannya hamper 10 kali lipat,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik Ahmad Nurhamim mengatakan target tersebut merupakan usulan dari Tim-Ang sendiri. Dewan tidak menentukan besaran target tersebut. “Itu dari pemerintah sendiri. Jadi kami kira mereka telah memiliki analisis untuk bisa mencapai target tersebut,” ujarnya. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia