Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Iso Ae

Istri Kerja, Suami Pengangguran Ini Cari Kesibukan dengan Selingkuh

06 November 2019, 04: 55: 59 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi Iso Ae

Ilustrasi Iso Ae (GRAFIS: FAJAR KRISNA)

Share this      

Mungkin saking nganggurnya, Donwori, 28, cari selingkuhan.  Biar ada kesibukan, maksudnya. Daripada bosen di rumah ditinggal istri kerja kan? 

Ismaul Choiriyah-Wartawan Radar Surabaya

Perselingkuhan Donwori ini jugalah yang membuat Karin mantab untuk meminta cerai. Seenaknya saja, pikirnya. Dia yang kerja keras banting tulang, Donwori yang menikmati hasilnya. Diambili buat modal selingkuh pula. 

Kata Karin, suaminya memang sudah berbulan-bulan menganggur. Kontraknya jadi perawat pembantu diputus karena masa kerjanya habis. Setelah itu, Donwori tak pernah mendapatkan pekerjaan lain. Kilahnya, mencari pekerjaan susah. Padahal dasar Donwori saja yang terlalu gengsi cari pekerjaan seadanya. Atau terlalu malas untuk kerja. Gara-gara itu, Karin jadi penopang ekonomi keluarga.

"Njajal aku gak inisiatif jualan tahu campur sejak awal nikah dulu. Isok ae saiki aku ngemis-ngemis wong tuwo njaluk tulung. Soale Donwori wes blas, blassss gak kenek diandelno. Nguwenehi sewu (rupiah) wae gak mampu," keluh Karin saat berada di Pengadilan Agama (PA) Klas 1A Surabaya, pertengahan pekan lalu. 

Semenjak suaminya menganggur, Karin bertekad makin giat bekerja. Jika pukul dua-tiga siang, Donwori sudah pulang, ia mengubah jam pulangnya lebih sore. Bahkan hampir Isya, baru ia pulang.

Ia sengaja, tak meminta bantuan suaminya membantu kerjaannya. Pikirnya, biarlah tukar peran. Donwori bisa mantau anak saat pulang sekolah. Memastikan anaknya ngaji dan les. Namun, semakin diberi kelonggaran, Donwori kian berulah. 

Suatu ketika, dagangan tahu campur Karin laris manis dari hari biasanya. Karin pun pulang cepat. Tak ada sesuatu yang mencurigakan ketika mendapati sandal perempuan terparkir di teras rumahnya. Juga tas selempang di atas sofa yang ditinggal empunyanya entah ke mana. Dari situ, curiga dan amarah Karin tersulut. "Wah, ono sing gak beres iki ketoke," pikirnya. 

Pelan-pelan Karin telusuri, di mana sang tamu dan pengundangnya itu. Di awal dia sudah yakin, pasti di dalam kamar. Sudah siap-siap mau menerjang, eh kamar kosong melompong. Ia cari ke dapur, juga tidak ada orang. Lanjut ke jemuran, juga zonk.

Akhirnya, setelah sempat maju mundur, ia datangi kamar anaknya. Dan lha dalah ketemu. Di situ terlihat Donwori sedang main dengan seorang perempuan. Entah panggilan atau selingkuhan. Katanya sih, perempuan jala** saja. 

Setelah memergoki suaminya selingkuh, tanpa pikir panjang Karin langsung menggugat cerai Donwori. Tak ada yanh bisa dipertahankan. Iya kalau selama ini hidup bergantung dengan suami. Lah ini kebalike. Malah ia yang kerja keras banting tulang. Donwori klemak-klemek nggoser di kasur. Dan sekarang, seenaknya saja disambi selingkuh. 

Meniru kata-kata terakhir dari Karin untuk Donwori, "Maaf aku terlalu sat set untuk kamu yang klemak-klemek kaya gombal teles."  (*/opi)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia