Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Polres Gresik Tekan Kejahatan Lewat E-Siskamling

05 November 2019, 17: 11: 25 WIB | editor : Wijayanto

GAYENG: Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo beserta jajaranya nyangkruk bersama wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan  Indonesia (PWI) Gresik.

GAYENG: Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo beserta jajaranya nyangkruk bersama wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Guna menekan angka kejahatan di Gresik, Polres Gresik berencana menerapkan sistem elektronik siskamling (e-siskamling) di wilayah hukum Polres Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengatakan, pihaknya akan mengadopsi sistem yang telah dilakukan di Jember itu karena efektif dalam menekan angka kejahatan di berbagai wilayah.

"Banyak pidana terungkap di e-siskamling itu seperti curanmor ketahuan saat nenteng sepeda oleh mereka yang ronda," ujar Kusworo saat program Nyangkruk Bareng Polisi untuk Keamanan dan Kerukunan Wargaku (NASI KRAWU) bersama anggota PWI Gresik, kemarin.

Dikatakan,  selain menekan angka pencurian, juga bisa memantau peredaran minuman keras (miras) maupun narkoba.  Saat ini, pihaknya menganalisis kendala sebelum diterapkan sistem e-siskamling. “Kita petakan bhabinkamtibmas, nantinya mereka akan membantunya," ujarnya.

Rencananya, Kusworo akan memanggil kepala desa (Kades) untuk pemetaan rute yang paling rawan. Saat berjaga nanti, mereka akan melewati rute yang dianggap rawan tersebut. Mereka harus menggunakan barcode saat melintasi rute tersebut untuk proses pemantauan. Jika program itu berhasil, kapolres akan menggelar lomba e-siskamling di Gresik.(yud/han)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia