Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Kelabuhi Satpam Perumahan, Sukses Curi Vega R, Ganti Gondol Honda CBR

01 November 2019, 03: 09: 17 WIB | editor : Wijayanto

LEMAS: Faiz menunjukkan lokasi dimana ia memarkirkan motor kesayangannya.

LEMAS: Faiz menunjukkan lokasi dimana ia memarkirkan motor kesayangannya. (MUHAMMAD FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Berbagai cara dilakukan pelaku kriminalitas di Gresik saat menjalankan aksinya. Sebuah motor Honda CB150R milik Faiz, warga Perumahan Graha Residence blok K No 9 Desa Suci Kecamatan Manyar hilang saat diparkir di teras rumahnya.

Luqman Andriyanto, pengurus RW setempat mengungkapkan, motor milik warganya tersebut bisa dibawa lari keluar perumahan setelah pencuri mengelabui petugas keamanan (satpam) yang berjaga di pintu masuk.

“Pencuri masuk tidak lewat pintu depan melainkan dari tambak-tambak. Sehingga saat melewati pos satpam dikira warga sendiri. Apalagi pencuri sempat berhenti di depan pos dan menginformasikan jika akan ke apotek beli obat,” ujarnya.

Petugas keamanan yang sudah berusia lansia itu akhirnya membuka portal perumahan. Namun, kecurigaan muncul saat pelaku tidak kunjung kembali. Di saat yang bersamaan muncul informasi dari pengurus RT apabila ada salah satu warga yang kehilangan sepeda motor.

“Karena satpam sudah tua jadi kami coba mengkonfirmasi pelan-pelan sambil melihat rekaman CCTV. Di sanalah terlihat dengan jelas pelaku membawa motor keluar perumahan pada pukul 03.15,” imbuhnya.

Lebih lanjut Luqman menuturkan, sebenarnya Honda CB150R milik Faiz bukan merupakan target pencurian. Pelaku sebelumnya sudah berhasil mencuri sebuah sepeda motor bebek jenis Vega R milik Muryanto, warga lain.

Namun saat melewati rumah korban, pelaku melihat ada sepeda motor terparkir. Hal inilah yang membuat pelaku berubah niat dan mencuri motor sport. “Sepeda motor Vega R yang sebelumnya dicuri digeletakkan begitu saja dan ganti mencuri motor sport karena harganya lebih mahal,” tandasnya. 

Sementara itu, Faiz sendiri menuturkan jika belum melaporkan hal ini ke kepolisian. Dia mengaku masih akan melengkapi dokumen kepemilikan kendaraan. “Nanti jika berkasnya sudah lengkap saya akan mendatangi Mapolsek Manyar,” kata Faiz. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia