Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Tekan Kebocoran Pajak, BPPKAD Siapkan 50 Tapping Box

31 Oktober 2019, 23: 36: 27 WIB | editor : Wijayanto

MODERNISASI: Seluruh restoran bakal dipasang tapping box untuk menekan angka kebocoran pajak.

MODERNISASI: Seluruh restoran bakal dipasang tapping box untuk menekan angka kebocoran pajak. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Gresik terus berbenah. Terbaru, mereka sudah memesan 50 unit tapping box untuk menekan angka kebocoran pajak restoran. Ini sesuai dengan amanah dari Komisi Pemberantasan Komisi (KPK).

Kepala BPPKAD Kabupaten Gresik Siswadi Aprilianto mengatakan sesuai perintah dari KPK, seluruh pemungutan pendapatan memang harus dilakukan secara elektronik. Ini dilakukan untuk mencegah kesalahan pencatatan. “Makanya kami langsung berkoordinasi dengan Bank Jatim,” ujarnya.

Setelah dilakukan konsultasi, Bank Jatim sebagai bank penyimpanan kas daerah siap untuk menjalankan sistem tersebut. Mereka juga akan menyediakan tapping box sesuai untuk urusan pajak restoran. “Iya, nanti yang menyediakan alatnya dari Bank Jatim. Kami sudah memesan 50 unit untuk tahap awal,” ungkap dia.

Rencananya, pada tahun 2020 mendatang sistem penghitungan pajak secara elektronik akan dimulai. Pada akhir tahun nanti akan dilakukan uji coba terlebih dahulu. “Harapan kami 2020 sudah siap dilaksanakan,” terangnya.

Terkait rencana penggunaan sistem elektronik dalam pemungutan pajak mendapat apresiasi dari kalangan dewan. Komisi II menilai sistem elektronik seharusnya sudah bisa diterapkan sejak beberapa tahun lalu. “Meski begitu kami sangat mengapresiasi. Dengan begini angka kebocoran bisa ditekan,” ujar Anggota Komisi II Nur Saidah. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia