Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Dikomplain Pelanggan, PDAM Ngaku Distribusi Air Turun karena Kemarau

30 Oktober 2019, 06: 34: 52 WIB | editor : Wijayanto

RESPONS: PDAM Delta Tirta melakukan perbaikan pipa di Tawangsari beberapa waktu lalu.

RESPONS: PDAM Delta Tirta melakukan perbaikan pipa di Tawangsari beberapa waktu lalu. (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Dari analisis Diskominfo Sidoarjo pada layanan lapor.go.id di bawah Kantor Staf Kepresidenan (KSP), PDAM Delta Tirta mendapat 91 keluhan dari masyarakat. Hal ini memacu pihak PDAM Delta Tirta melakukan perbaikan layanan air.

Penjabat sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao menjelaskan, pihaknya mengaku mendapat laporan tersebut. Untuk itu, selama ini pihaknya berupaya untuk terus memperbaiki layanan agar dengan kondisi yang sedemikian rupa air tetap mengalir pada rumah-rumah warga. “Ada beberapa titik yang kami lakukan perbaikan,” ujarnya.

Hal ini disebabkan memang musim kemarau yang panjang. Menyebabkan penurunan kuantitas air baku pengolahan PDAM Delta Tirta. Sehingga mempengaruhi debit pengolahan air pada hampir semua Instalasi Penjernihan Air (IPA) PDAM Delta Tirta.

Hal ini yang menyebabkan distrubusi air olahan menjadi menurun. “Kami sedang upayakan,” terangnya. Salah satunya dengan perbaikan penyaringan pada IPA Siwalan Panji. Perbaikan tersebut dijadwalkan dari Senin (28/10) hingga Kamis (31/10).

Pihaknya menambahkan, dengan adanya perbaikan ini ada beberapa titik yang terdampak. Seperti di Kecamatan Sedati, Kecamatan Gedangan, Kecamatan Sidoarjo, dan Kecamatan Candi. Dia berharap kepada masyarakat agar lebih hemat dalam penggunaan air. “Sebab distribusi air terganggu,” tegasnya.

Peningkatan pelayanan yang lain berupa pembangunan Distribution Center (DC). Proyek tersebut bertujuan sebagai penampungan air Umbulan.

Rencananya delapan proyek itu selesai pada Desember ini. Porong, Jabon, Tanggulangin, Candi, dan Buduran merupakan wilayah yang pertama mendapat pasokan air. “Gedangan, Sidoarjo, dan Tanggulangin tunggu pembangunannya rampung,” pungkasnya. (hil/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia