Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Jelang Pilkada di 19 Daerah, Gerindra Buka Pendaftaran Bakal Calon

25 Oktober 2019, 16: 35: 14 WIB | editor : Wijayanto

Ketua DPD Gerindra Jatim Soepriyatno

Ketua DPD Gerindra Jatim Soepriyatno (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Tak mau kalah dengan partai-partai lain, Partai Gerindra berencana membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk pilkada serentak di 19 kabupaten/kota di Jatim pada 25 Oktober. Keputusan tersebut menjadi salah satu rekomendasi dari Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) DPP Gerindra pada 16 Oktober lalu.

''Nantinya 19 DPC di 19 kabupaten/kota penyelenggara pilkada menerima bakal calon dari berbagai latar belakang. Bukan hanya dari kader internal, tapi juga figur di luar partai,'' ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jatim Soepriyatno.

Anggota Fraksi Gerindra DPR RI ini mengatakan, para figur di struktur partai yang ingin mencalonkan diri pada pilkada pun wajib mengikuti pendaftaran. Rencananya, pendaftaran dibuka selama 20 hari. Terhitung sejak 25 Oktober hingga 15 November. ''Selama pendaftaran, DPC diwajibkan untuk menerima pendaftaran sekaligus memeriksa kelengkapan,'' katanya.

Pendaftaran tersebut akan disampaikan kepada pengurus DPD Gerindra Jatim untuk dievaluasi dan verifikasi. ''Kami akan melakukan pertimbangan-pertimbangan. Tugas kepada DPD ini juga menjadi salah satu poin keputusan di rapimnas,'' paparnya.

Soepri menambahkan, hasil pertimbangan dan verifikasi pada pengurus provinsi selanjutnya diserahkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Nantinya DPP yang akan mengambil keputusan akhir rekomendasi partai.  ''DPP Gerindra memiliki Badan Seleksi Organisasi (Baleksi) yang akan menyeleksi usulan dari daerah. Selanjutnya, rekomendasi akan diputuskan langsung oleh Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Bapak Prabowo Subianto," lanjut Soepri.

Menurut dia, DPP juga akan mempertimbangkan masukan dari luar partai di daerah. ''DPP akan membuka komunikasi dengan tokoh masyarakat, ulama, akademisi, partai politik lain, dan ormas,'' pungkasnya. (mus/rek)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia