Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Pendaftaran Ditutup, Empat Orang Daftar Cakada ke Nasdem

25 Oktober 2019, 15: 11: 20 WIB | editor : Wijayanto

PENJARINGAN: Sekretaris DPD Nasdem Sidoarjo Achmad Rodi (kiri) didampingi Ketua DPD Nasdem Sidoarjo Niko Ainul Yakin (kanan) saat menunjukkan berkas para pendaftar.

PENJARINGAN: Sekretaris DPD Nasdem Sidoarjo Achmad Rodi (kiri) didampingi Ketua DPD Nasdem Sidoarjo Niko Ainul Yakin (kanan) saat menunjukkan berkas para pendaftar. (LUKMAN ALFARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Penjaringan bakal calon kepala daerah (Bacakada) oleh DPD Partai Nasdem Sidoarjo sejak 30 September lalu berakhir. Penjaringan resmi ditutup pada Rabu (23/10) lalu. Hasilnya, ada empat orang yang mengembalikan formulir penjaringan ke kantor DPD Nasdem Sidoarjo. Terdiri dari tiga orang pria dan satu wanita.

Ketua DPD Nasdem Sidoarjo Niko Ainul Yakin menuturkan, proses penjaringan dilakukan melalui dua cara. Pertama melalui pengumuman baik di spanduk-spanduk serta melalui media online. Hasilnya, ada empat orang yang datang ke kantor DPD Nasdem Sidoarjo untuk mengambil formulir. “Dari empat orang itu, hanya dua orang yang mengembalikan formulir,” katanya

Kedua orang yang mengambil formulir tersebut adalah Ambudi Putra Laksana. Pria berumur 40 tahun itu memiliki latar belakang sebagai pengusaha. Ia melamar sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sidoarjo. Menariknya, dia juga sebelumnya diketahui mendaftar melalui penjaringan DPC PDIP Sidoarjo.

Satu orang lain yang juga mengembalikan formulir adalah Candra Kartikasari. Wanita 33 tahun yang memiliki latar belakang guru ini diketahui mendaftar melalui penjaringan DPD Nasdem Sidoarjo sebagai bakal calon wakil bupati (bacawabup) Sidoarjo. “Ini satu-satunya wanita yang mendaftar melalui penjaringan Nasdem,” katanya.

Selain melalui pengumuman, penjaringan juga dilakukan melalui talent scouting. Yaitu melalui upaya jemput bola terhadap tokoh-tokoh yang dianggap punya bakat dan kemampuan untuk memimpin Sidoarjo ke depan. DPD Partai Nasdem Sidoarjo mendatangi satu per satu tokoh yang direkomendasikan masyarakat Sidoarjo.

Beberapa tokoh tersebut di antaranya Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, putra pengasuh Ponpes Bumi Shalawat KH Agus Ali Masyhuri yaitu Ahmad Muhdlor Ali, putra Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yaitu Ahmad Amir Aslihin dan mantan Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan. “Kita juga coba datang ke salah satu politisi, Dondik Agung Subroto,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Nasdem Sidoarjo Achmad Rodi menjelaskan, dari penjaringan talent scouting itu, hanya Dondik Agung Subroto dan Ahmad Muhdlor Ali yang merespons komunikasi dari Nasdem. Keduanya mengembalikan formulir ke kantor DPD Nasdem Sidoarjo.

Sehingga, total peserta penjaringan yang akan diproses pada tahap selanjutnya berjumlah empat orang. Rodi mengatakan, selanjutnya pihaknya akan melakukan pleno di tingkat DPD untuk menentukan tiga dari empat pendaftar yang akan diserahkan ke DPW dan selanjutnya ke DPP. (far/jay)

(sb/far/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia