Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Indonesia Resmi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, GBT Jadi Venue Utama

25 Oktober 2019, 14: 05: 51 WIB | editor : Wijayanto

VENUE: Stadion Gelora Bung Tomo di Benowo, Surabaya, yang akan menjadi salah satu venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

VENUE: Stadion Gelora Bung Tomo di Benowo, Surabaya, yang akan menjadi salah satu venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

Surabaya - FIFA resmi memilih Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 setelah memenangi bidding dalam pengumuman yang berlangsung di Shanghai, Tiongkok, Kamis (24/10). Terpilihnya Indonesia ini disampaikan langsung Presiden FIFA Gianni Infantino dalam acara jumpa pers FIFA Council Meeting di Shanghai.

Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim Ahmad Riyadh mengatakan, pihaknya mendapat konfirmasi dari Ratu Tisha Destria Sekjend PSSI yang mengikuti FIFA Council Meeting, kalau Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mengalahkan Brazil dan Peru.

"Kami dapat konfirmasi dari Ibu Sekjen yang sedang di Shanghai. Melalui WA grup Sekretaris PSSI se-Indonesia. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang salah satu venue-nya adalah Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya," katanya.

Ini adalah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah turnamen resmi FIFA. Sebelumnya, turnamen besar yang pernah digelar Indonesia adalah Piala Asia 2007 bersama Thailand, Malaysia dan Vietnam. Total akan ada 24 negara yang tampil di Piala Dunia U-20 2021, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah. 

Ukraina merupakan juara bertahan Piala Dunia U-20 setelah tahun ini mengalahkan Korea Selatan di final. Sementara negara tersukses di Piala Dunia U-20 adalah Argentina yang berhasil mengoleksi enam gelar. 

Riyadh menyambut gembira dengan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah ini. "Alhamdulillah, luar biasa. Kita akhirnya bisa menghadirkan Piala Dunia U-20 untuk rakyat Indonesia, warga Jawa Timur dan warga Surabaya kerja keras PSSI dan tentu saja pemerintah Indonesia membuahkan hasil, kami di Jawa Timur yang selama ini intens berkomunikasi dengan Bu Risma untuk menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo, akan melakukan pertemuan untuk membahas lebih dalam masalah ini," kata Riyadh.

Maklum, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya bakal menjadi salah satu dari 10 venue yang akan digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Namun, sebelum bertemu dengan Wali Kota Risma, Asprov akan menggelar rapat Exco dalam waktu dekat. Rapat tersebut secara khusus membahas program serta pembuatan rundown kerja hingga 2021 mendatang.  

“PSSI Jatim dan PSSI pusat sudah pernah bertemu dengan Bu Risma beberapa waktu lalu. Tapi pada pertemuan yang akan datang akan berbeda karena Indonesia sudah terpilih. Jadi, bahasannya akan lebih konkret,” kata Riyadh.  

Selain mempersiapkan semua kebutuhan yang diperlukan, serta apa saja yang harus dikerjakan dalam waktu dekat, Asprov PSSI Jatim juga segera bergegas mempersiapkan fasilitas pertandingan. Mulai dari lapangan utama hingga lima stadion pendamping untuk latihan tim-tim kontestan. (rak)

(sb/rak/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia