Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

OTO Group Edukasi Literasi Keuangan di SMAN 1 Krian

24 Oktober 2019, 18: 25: 24 WIB | editor : Wijayanto

CSR: Dari kiri: Nugroho Triko Pramono (Direktur & Corporate Secretary OTO Group), Karyanto, M.Pd (Kepala SMAN 1 Krian), Budiyono (Kabag Pengawasan IJK Non Bank OJK Regional 4 Jatim) dan Doddy Septriawan (Regional Marketing Head OTO Group).

CSR: Dari kiri: Nugroho Triko Pramono (Direktur & Corporate Secretary OTO Group), Karyanto, M.Pd (Kepala SMAN 1 Krian), Budiyono (Kabag Pengawasan IJK Non Bank OJK Regional 4 Jatim) dan Doddy Septriawan (Regional Marketing Head OTO Group). (SANUSI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - OTO Group (PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan edukasi literasi keuangan di SMA Negeri 1 Krian, Kamis (24/10).

OTO Group sesuai amanat Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) melaksanakan fungsi peningkatan tingkat literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat.

Sebagai perusahaan pembiayaan otomotif independen terkemuka di Indonesia, OTO Group selalu mendukung program peningkatan pengetahuan mengenai industri keuangan, khususnya industri keuangan non bank.

OTO Group juga telah menyelenggarakan kegiatan yang sama di berbagai kota di Indonesia mulai dari Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Cirebon, Bogor, Karawang, Malang dan Sidoarjo.

Nugroho Triko Pramono selaku Direktur dan Corporate Secretary OTO Group menyampaikan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa negara yang maju menunjukkan tingkat literasi atau pengetahuan keuangan yang tinggi.

"Untuk itu, kami ingin para peserta dan masyarakat luas memiliki pengetahuan tingkat literasi keuangan yang tinggi, agar negara kita mampu sejajar dan bersaing dengan negara lain," katanya.

Kehadiran OTO Group ingin membantu masyarakat dalam memiliki kendaraan bermotor yang diinginkan. "Karenanya, kami juga ingin para peserta hari ini mampu membagikan informasi tentang pembiayaan ke masyarakat," ujarnya.

Jadi, kredit itu bukan karena tidak mampu, tapi sebagai sistem yang mampu membantu masyarakat memenuhi kebutuhan.

Kepala Bagian Pengawasan Industri Jasa Keuangan(IJK) Non Bank OJK Regional 4 Jawa Timur, Budiyono yang menjadi narasumber mengenalkan OJK serta Jasa Keuangan yang ada di Indonesia.

Beliau menyampaikan perlunya mengenal OJK lebih dalam lagi. OJK sebagai lembaga independen yang mengawasi dan memberi pembinaan terhadap industri keuangan perbankan dan non bank, berharap agar seluruh masyarakat Jawa Timur mampu meningkatkan literasi keuangannya.

Tujuannya agar dapat lebih memahami serta memanfaatkan berbagai sektor keuangan perekonomian yang lebih baik serta terjauhi dari investasi atau pembiayaan illegal yang merugikan.

Berikutnya, diisi dengan pengenalan perusahaan pembiayaan oleh Jimmy H Pasaribu selaku Deputy Corporate Legal Dept. Head OTO Group. Ini tentang hal-hal yang berkaitan dengan kelayakan pembiayaan, persyaratan kredit sepeda motor dan mobil, manfaat hingga resiko serta hak-hak kewajiban kedua belah pihak.

Selanjutnya, membahas tentang pengenalan dunia kerja oleh Yudi Priyanto selaku Industrial Relation and Personel Dept Head OTO Group.

Pengenalan tentang dunia kerja setelah sekolah ini ditutup dengan penyerahan buku berjudul Otoritas Jasa Keuangan Untuk Kelas X dan XI serta penyerahan CSR dari PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance selaku unit bisnis OTO Group kepada SMA Negeri 1 Krian.

CSR diberikan berupa dua unit notebook, dua unit desktop, satu unit LCD Projector beserta layarnya yang secara simbolis diserahkan oleh Nugroho Triko Pramono sebagai Direktur dan Corporate Secretary OTO Group kepada Karyanto, S.Pd., M.Pd selaku kepala SMA Negeri 1 Krian.

Selain itu, OTO Group juga memberikan doorprize berupa voucher belanja, tas sekolah dan tiga buah smartphone kepada peserta.

Karyanto, S.Pd., M.Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Krian mengatakan, sejarah mencatat bahkan membuktikan bahwa dalam konteks peradaban pendidikan, negara-negara besar di berbagai belahan dunia mampu mencapai keberhasilan karena tersumber dari seberapa besar budaya literasi di sekolah.

"Terima kasih atas kepercayaan OTO Group dan OJK kepada SMA Negeri 1 Krian sebagai perwakilan dari kabupaten Sidoarjo untuk diadakannya kegiatan edukasi dan literasi keuangan," katanya.

Menurut dia, hal ini merupakan kebutuhan semua agar mampu menyejahterakan bangsa melalui literasi.

"Semoga kegiatan ini mampu menjadi kontribusi bagi masyarakat Sidoarjo dan seluruh bagian Indonesia agar selalu cerdas dan teliti dalam memanfaatkan berbagai fasilitas keuangan yang ada, ” tuturnya. (san/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia