Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Tertib di Operasi Zebra Polresta Sidoarjo, Dapat Kupon Berhadiah Motor

23 Oktober 2019, 13: 53: 14 WIB | editor : Wijayanto

Operasi Zebra Semeru di Polresta Sidoarjo.

Operasi Zebra Semeru di Polresta Sidoarjo. (HENDRIK MUCHLISON/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Mulai hari ini Rabu (23/10), Polresta Sidoarjo menggelar operasi Zebra Semeru 2019. Uniknya, polisi juga membagikan kupon berhadiah bagi pengendara yang tertib berlalu lintas.

Salah satu titik operasi digelar di depan pendapa Sidoarjo. Di kawasan alun-alun Sidoarjo itu, polisi langsung memberhentikan sejumlah pengendara motor yang melintas.

Mulai dari kelengkapan administrasi, hingga kelengkapan sparepart kendaraan tak luput diperiksa. Bagi pengendara yang tidak lengkap dan tidak tertib, juga langsung ditindak dengan surat tilang.

Namun, beruntung bagi pengendara yang tertib saat terjaring razia. Pagi itu, polisi membagikan kupon berhadiah. "Terima kasih, saya ndak menyangka. Baru kali ini ada razia dapat kupon hadiah," ucap Rudi, salah satu pengendara, warga Candi.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian Saleh Siregar mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan 20 ribuan kupon selama 14 hari operasi ke depan. "Hadiah utamanya motor, dan ada hadiah menarik lain," sebut mantan Kasi STNK Subdit Regident Polda Jatim itu.

Fahrian juga menjelaskan, pemberian kupon ini sebagai bentuk apresiasi pengguna jalan yang sudah tertib. Selama ini hanya ada penindakan atau punishment bagi pengendara yang tidak tertib. Tetapi belum ada apresiasi bagi yang tertib. 

Sementara itu Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menegaskan, operasi zebra ini bersifat kewilayahan. "Artinya disesuaikan dengan kondisi kerawanan masing-masing wilayah," sebutnya.

Ada delapan fokus utama penindakan  operasi zebra di Polresta Sidoarjo. Di antaranya, pengendara yang tidak membawa SIM atau STNK, menggunakan handphone saat berkendara, tidak mengenakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat atau lebih, pengendara di bawah umur, melawan arus, tidak mengenakan helm SNI, overspeed, dan pengendara yang terpengaruh alkohol. (son/jay)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia