Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Penambahan TBM Terkendala Persyaratan

23 Oktober 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Penambahan TBM Terkendala Persyaratan

Penambahan TBM Terkendala Persyaratan (dok)

Share this      

SURABAYA - Taman baca masyarakat (TBM) yang rencananya akan ditambah sekitar 66 TBM hingga kini masih 54 TBM yang teralisasi. Kendala tersebut dikarenakan adanya beberapa TBM yang belum memenuhi syarat. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi menuturkan, penambahan TBM tersebut dari inisiatif warga yang kemudian kami fasilitasi. Kendala yang saat ini dihadapi yakni tempat. “Tempat yang diajukan oleh warga ini sering kali tidak memenuhi syarat karena luasnya terbatas dan juga lokasinya berada di atas (lantai dua, Red),” katanya kepada Radar Surabaya.

Musdiq menjelaskan, tempat tersebut harus disesuaikan dengan kondisi kenyamanan pengunjung, sehingga keamanan pun juga terjamin. ”Saat kami cek dilokasi banyak TBM yang yang tidak aman bagi anak-anak, karena lokasinya itu berada di atas sehingga kami juga memperhitungkan tingkat keamanannya,” terangnya.  

Musdiq menambahkan, penambahan literasi di Kota Pahlawan perlu ditunjang dengan adanya inovasi-inovasi dari TBM, sehingga hal ini bisa meningkatkan minat baca masyarakat Surabaya.

Selain itu inovasi yang diberikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya saat ini adanya kelas parenting, kelas belajar matematika dan bimbingan belajar Korea. “Kalau di perpus kota seperti di Rungkut itu ada kelas parenting, wisata buku, kelas belajar matematika dan itu gratis untuk masyarakat Surabaya. Kemudian di perpus Balai Pemuda ada bimbingan belajar bahasa Korea, jadi ini merupakan inovasi kami untuk menggerakan dunia literasi di kota Surabaya,” pungkasnya. (rmt/nur) 

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia