Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Tahun Depan Unair Buka Prodi Artificial Intelligence

22 Oktober 2019, 17: 21: 17 WIB | editor : Wijayanto

Rektor UNAIR Prof Dr Mohammad Nasih

Rektor UNAIR Prof Dr Mohammad Nasih (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Kemajuan teknologi di dunia membuat bangsa Indonesia harus bersiap agar tidak selalu tertinggal dibandingkan negara-negara lain. Indonesia harus mencetak banyak sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang teknologi.

Untuk menjawab kebutuhan itu, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, akan membuka prodi teknik yang bisa menjawab tantangan global di bidang kecerdasan buatan atau artificial intelligence  (AI).

Rektor Unair Surabaya, Prof Dr Mohammad Nasih menuturkan, banyak mahasiswa yang berburu kuliah teknik di luar negeri. Melihat potensi itu, pihaknya membuka sekolah atau fakultas baru yang khusus mengelola bidang keteknikan.

"Keteknikan yang advanced tentunya. Harapannya, kita bisa bersaing di level nasional dan internasional," kata Nasih.

Ia melanjutkan, pembukaan fakultas teknik di Unair dibuka para tahun ajaran 2020/2021. Setidaknya ada lima prodi yang akan dibuka. "Jadi ada teknik industri, teknik elektro, nano teknologi, data sains, robotika dan AI," jelasnya.

Nasih menambahkan, pada tahun ajaran 2020-2021 pihaknya mulai ikut SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri untuk penerima mahasiswa baru di lima prodi tersebut. "Bulan depan ground breaking untuk gedung kuliah bersama," ucapnya.

Salah satu alasan dibukanya fakultas teknik, katanya, karena sebanyak 82,3 persen mahasiswa Unair merupakan  perempuan. Kondisi itu dikarenakan mayoritas program studi yang dibuka di Unair adalah passion perempuan.

"Dibukanya fakultas teknik diharapkan dapat memeratakan kombinasi antara mahasiswa laki-laki dan perempuan di Unair," katanya. Sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia saat ini, Universitas memang belum memiliki fakultas teknik.(ism/rak)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia