Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Tahun Depan, Kelurahan Digerojok Dana Rp 500 M dan Bisa Ditambah

22 Oktober 2019, 16: 31: 01 WIB | editor : Wijayanto

Whisnu Sakti Buana

Whisnu Sakti Buana (RAHMAT SUDRAJAT/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pemkot Surabaya bakal mengucurkan dana Rp 500 miliar untuk seluruh kelurahan di Kota Surabaya. Dana tersebut merupakan bantuan langsung dari pemkot untuk tahun anggaran 2020.

Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan, dana kelurahan sudah dimasukkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Surabaya.

"Proyek pembangunan yang paling banyak memakan APBD adalah infrastruktur. Nanti ada anggaran untuk kelurahan," katanya.

Penganggaran dana kelurahan tersebut, menurut dia, masuk dalam perubahan anggaran keuangan (PAK). Pemkot menganggarkan Rp 500 miliar di PAK. "Anggaran kelurahan ini bisa bertambah," ucapnya.

Whisnu menegaskan, kucuran dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana di wilayah kelurahan serta pemperdayaan masyarakat di lingkungan kelurahan. Besarannya mencapai 5 persen dikalikan APBD dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK) dan ditambah Dana Alokasi Umum (DAU) dari APBN.

Namun, alokasi dana kelurahan ini pada tahun 2019 dianggap Whisnu tidak efektif. Imbasnya pada pengadaan sarana prasarana di wilayah kelurahan. "Maka, dana kelurahan itu kita efektifkan. Tahun ini (2019) kan sudah kita anggarkan, cuman tidak berjalan," ujarnya.

Supaya manfaat dana kelurahan bisa dirasakan khalayak umum, menurut Whisnu, Pemkot Surabaya akan melakukan sosialisasi dengan semua lurah di Kota Surabaya. "Kalau efektif, bisa kita tambah," kata kader PDI Perjuangan itu.

Selain itu, Whisnu mengungkapkan bahwa ke depan tidak menutup kemungkinan seluruh RT di Surabaya pun mendapat anggaran dari pemkot. ''Nanti kita usulkan supaya semua RT dapat anggaran sendiri. Artinya, pihak RT bisa mengusulkan sendiri, nanti kita gabung dengan dana kelurahan,'' ucapnya. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia