Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Satpol PP Matangkan Konsep Penataan PKL agar Tidak Melanggar

21 Oktober 2019, 15: 45: 29 WIB | editor : Wijayanto

MENGGANGGU: Deretan PKL di perumahan Gading Fajar nekat berjualan di pinggir jalan.

MENGGANGGU: Deretan PKL di perumahan Gading Fajar nekat berjualan di pinggir jalan. (LUKMAN ALFARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

MENGGANGGU: Deretan PKL di perumahan Gading Fajar nekat berjualan di pinggir jalan.

Satpol PP Matangkan Konsep Penataan PKL agar Tidak Melanggar

SIDOARJO - Di sepanjang jalan Perumahan Taman Pinang Indah hingga Gading Fajar, puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) nampak berjualan di sisi jalan. Beberapa pedagang bahkan ada yang berjualan di atas trotoar.

Hal itu membuat arus lalu lintas di kawasan tersebut menjadi tersendat. Banyak pengendara yang mengurangi kecepatan kendaraannya. 

Terkait hal itu, Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Sidoarjo Yani Setyawan mengatakan, sejatinya para pedagang di kawasan itu sudah sering kali ditertibkan.

Namun pedagang tampak membandel. Sebab usai ditertibkan, mereka rupanya nekat berjualan kembali. “Itu memang menjadi salah satu yang cukup sulit diatasi,” katanya

Di antara beberapa kawasan yang sering ditertibkan, kedua kawasan tersebut memang salah satu yang hingga saat ini belum bisa teratasi. Untuk itu,mau tidak mau harus ada solusi. Terutama dari pihak terkait. “Harus ada solusi dari Disperindag, kalau enggak susah,” paparnya.

Yani mencontohkan, di kawasan Gajah Mada, awalnya juga agar kesulitan untuk menertibkan. Kendati sudah disediakan tempat, namun pedagang awalnya enggan untuk menempati lokasi yang disediakan untuk berjualan. Akhirnya, pihaknya berinisiatif untuk menjaga para pedagang agar tetap berada di sentra PKL.

Di sana, kata Yani, petugas Pol PP bergantian berjaga. Bahkan sampai rela tidur di sentra PKL dua lantai itu. Hal seperti itu dilakukan beberapa waktu. Hingga akhirnya pedagang tetap bertahan hingga saat ini. Kendati demikian, proses seperti itu tak mungkin terus menerus dilakukan untuk kawasan yang lain. “Makanya konsep penataannya juga harus dibenahi lagi,” ujarnya.

Tak hanya itu, sejumlah rencana penertiban juga tengah menanti Satpol PP. Beberapa di antaranya seperti penertiban di kawasan GOR. Di kawasan itu, direncanakan akan ditata ulang. Antara perpakiran hingga pedagang kaki lima. Bahkan pihaknya juga dimnta unuk menertibkan PKL di beberapa pasar. “Paling tidak konsep penataannya harus ada,” katanya. (far/nis)

(sb/far/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia