Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
Gelar Wisuda Ke-17, UMAHA Lepas 552 Wisudawan

Bertekad Raih Akreditasi A Melalui Kerja Sama Internasional

19 Oktober 2019, 21: 48: 46 WIB | editor : Wijayanto

PANUTAN: Rektor UMAHA, Dr. H. Achmad Fathoni Rodli, M.Pd membuka rapat terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana dan Diploma ke-17, Sabtu (19/10).

PANUTAN: Rektor UMAHA, Dr. H. Achmad Fathoni Rodli, M.Pd membuka rapat terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana dan Diploma ke-17, Sabtu (19/10). (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) melepas 552 wisudawan dan wisudawati, Sabtu (19/10). Mereka berasal dari 10 program studi (prodi) dari empat fakultas. Yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Sedangkan rinciannya, prodi teknik komputer 5 mahasiswa, teknik mesin 45 mahasiswa, teknik informatika 52 mahasiswa, teknik industri 54 mahasiswa, akuntansi D3 sebanyak 14 mahasiswa dan akuntansi S1 ada 71 mahasiswa. Selanjutnya manajemen 137 mahasiswa, hukum 22 mahasiswa, ilmu kesehatan D3 129 mahasiswa, dan ilmu kesehatan D4 ada 23 mahasiswa. 

Hadir sebagai tamu kehormatan Vice President of Research and International Affair dari Imus Institute of Science and Technology (IIST) Filipina, Dr. Karen M. Fernandes, yang saat ini menjabat sebagai dekan Fakultas Hukum UMAHA.

Di kesempatan tersebut, dirinya berkesempatan menyampaikan orasi ilmiah. Dalam orasinya, Karen mengajak para wisudawan untuk terus semangat mengejar mimpi.  Modalnya ada tiga, yakni kreativitas, kualitas dan percaya diri akan bisa bersaing di level internasional.

TUNTAS: 552 wisudawan-wisudawati sarjana dan diploma dari 10 prodi yang ada di kampus UMAHA.

TUNTAS: 552 wisudawan-wisudawati sarjana dan diploma dari 10 prodi yang ada di kampus UMAHA. (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Karen memuji UMAHA yang terus mengajak mahasiswa dan dosen untuk berinovasi dan kreatif dengan menjalin kerja sama dengan universitas di Asia. 

“Di era globalisasi ini, penting ada kolaborasi akademik dan industri. Saya yakin dengan kepemimpinan rektor telah mendukung semua itu,” jelas Karen. 

Pasca orasi, Karen memberikan kenang-kenangan sebuah buku yang ia tulis sendiri kepada rektor UMAHA, Dr. H. Achmad Fathoni Rodli, M.Pd . 

Sebagai kampus muda, UMAHA telah banyak melakukan serangkaian usaha kerja sama dengan kampus di dalam dan di luar negeri, yakni Australia, India, Filipina, Thailand, Taiwan, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Singapura dan Arab Saudi.  Hal ini membuat keberadaan kampus yang berdiri sejak 7 Oktober 2014 semakin diakui. Di antaranya dengan diraihnya Akreditasi sangat baik atau berpredikat B dari BAN-PT pada tahun 2019 ini. 

APRESIASI: Pemberian beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik Lazisnu UMAHA (PPA-Lazisnu UMAHA) pada lulusan terbaik disaksikan oleh Wakil Ketua YPM Taman, Dr. H. Moh Isa Madjid, MM (kanan).

APRESIASI: Pemberian beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik Lazisnu UMAHA (PPA-Lazisnu UMAHA) pada lulusan terbaik disaksikan oleh Wakil Ketua YPM Taman, Dr. H. Moh Isa Madjid, MM (kanan). (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Rektor UMAHA, Dr. H. Achmad Fathoni Rodli, M.Pd bertekad selama empat tahun ke depan, UMAHA bisa meraih Akreditasi A. Ini bisa dicapai melalui serangkaian percepatan kemampuan mahasiswa, dosen, guru dan profesor sesuai dengan visi UMAHA, yakni Unggul, Modern, Aswaja dan Kewirausahaan. 

Saat ini, UMAHA telah memiliki 66 ID jurnal internasional terindeks scopus untuk dosen. Kemudian untuk percepatan lulusan, UMAHA mempunyai langit artificial network. Sejak mahasiswa masuk sampai lulus, semua terdeteksi. "Kalau sudah seperti ini tidak ada lagi pemalsuan ijazah,” kata Presiden Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (P-ADRI) itu. 

Dalam wisuda ke-17 tersebut, diberikan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik Lazisnu UMAHA (PPA-Lazisnu UMAHA). Ada 10 lulusan terbaik yang berhak menerima beasiswa ini. Mereka adalah Merisa Dwi Ayu Safitri dari Prodi S1 Teknik Industri, Muhammad Alfan A. dari S1 Teknik Informatika, Fariz Syahrul Firdaus dari D3 Teknik Komputer, Rudianto dari S1 Teknik Mesin, Vriska Oktavia dari S1 Akuntansi, Angelia Dominggus Tiyanti dari S1 Manajemen, Isnin Harianti dari S1 Ilmu Hukum, Dyah Nosita Sari dari D3 Akuntansi, Kardila Christian Devi dari D3 Teknologi Laboratorium Medik dan Nyimas Natasya dari D4 Teknologi Laboratorium Medik. 

Wisuda ini sekaligus memberikan penghargaan kepada dosen berprestasi dalam publikasi dan penelitian dari Kemenristek Dikti. (rpp/nis)

(sb/rpp/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia