Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Agar Bantuan Tepat Sasaran, Pemkot Update Data MBR

19 Oktober 2019, 12: 34: 58 WIB | editor : Wijayanto

Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi

Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pemkot Surabaya melakukan pemuktahiran data masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mulai tingkat kelurahan hingga kecamatan. Nantinya data MBR itu di-approval Dinas Sosial. Dengan begitu, kucuran bantuan untuk MBR tepat sasaran.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, MBR di Kota Surabaya mencapai 799.540 jiwa atau 325.226 kepala keluarga (KK). “Kami sedang melakukan pemutakhiran data berdasarkan KK,” katanya.

Eri memastikan Pemkot Surabaya bakal membuat surat keputusan (SK) data orang-orang yang masuk MBR. SK tersebut juga bisa diubah dengan cepat bila ditemukan orang yang benar-benar MBR. Sebab, data keluarga miskin itu terus bergerak dinamis.

"Setelah pemutakhiran data MBR selesai, rencananya Senin (21/10) akan ditandatangani. Nanti bisa dilihat berapa KK. Dari KK itu juga dilihat berapa umur produktif, yang bekerja berapa," katanya.

Selain itu, Pemkot Surabaya telah memberikan solusi terkait warga penerima Jaminan Kesehatan Nasional, Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) pusat. Data tersebut bakal digunakan sebagai acuan intervensi bantuan seperti PBI.

“Agar penerima bantuan PBI itu benar-benar tepat sasaran. Jadi, warga yang punya mobil atau mampu tidak masuk data MBR,” katanya. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia