Senin, 18 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Subsektor Musik Jadi Pendongkrak Ekonomi Kreatif

18 Oktober 2019, 17: 30: 37 WIB | editor : Wijayanto

PRESENTASI: Restog Kumara

PRESENTASI: Restog Kumara (NET/WIXSITE.COM)

Share this      

SURABAYA - Selain ekonomi makro dan perdagangan, sektor industri kreatif juga memiliki peran terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Industri kreatif diprediksi bakal tumbuh pesat seiring berkembangnya gaya hidup dan teknologi di masyarakat.

Sekretaris Umum Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Restog Kumara menyebutkan, Bekraf memiliki beberapa subsektor yang diprediksi berpotensi tumbuh pesat. Dan salah satunya adalah subsektor musik. Bekraf pun mencoba mendorong pertumbuhan subsektor ini untuk meningkatkan kontribusinya terhadap ekonomi kreatif, salah satunya melalui event.

“Musikologi Series dapat menjadi event luar biasa, khususnya bagi generasi milenial. Selain diisi paparan musik, kami juga mengedukasi mereka dengan pengetahuan mengenai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI),” jelas Restog.

Dari sisi Bekraf sendiri, kehadiran musisi baru, khususnya di Surabaya diharapkan dapat membawa peningkatan dari sisi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). “Jadi tugas kami memang mendorong  pertumbuhan ekonomi di subsektor-subsektor ekonomi kreatif agar meningkat dari tahun lalu,” ucapnya.

Bekraf mencatat meski di tahun 2016, subsektor musik hanya mencapai angka sekitar 7,59 persen atau setara Rp 4,4 triliun dari total Produk Domestik Bruto (PDB), namun pihaknya tetap menempatkan subsektor ini menjadi prioritas. Karena pada kenyataannya, film, animasi, dan video; aplikasi pengembang permainan, serta musik bisa mendongkrak pertumbuhan subsektor lainnya. Misalnya film terhadap pariwisata, musik terhadap kuliner, dan masih banyak lainnya.

“Event musik contohnya, ini jadi bagian pariwisata dan memiliki multiple effect. Karena tak hanya subsector itu saja yang terdampak, nantinya hotel, transportasi, kuliner dan lainnya juga ikut mendapat berkah,” tukasnya. (rul/nur)

(sb/rul/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia