Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Hakim Belum Siap, Pembacaan Vonis Gus Nur Ditunda

18 Oktober 2019, 16: 43: 52 WIB | editor : Wijayanto

PENGAMANAN: Ratusan personel kepolisian mengamankan jalannya sidang di PN Surabaya.

PENGAMANAN: Ratusan personel kepolisian mengamankan jalannya sidang di PN Surabaya. (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sidang Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Jalan Arjuno ditunda Minggu depan. Awaknya agenda pembacaan vonis digelar kemarin namun karena keputusan majelis belum rampung akhirnya persidangan ditunda.

Sigit Sutriyono Humas PN Surabaya mengatakan, penundaan sidang putusan atau vonis Gus Nur karena musyawarah mufakat majelis hakim belum selesai. Gus Nur akan divonis terkait video vlog yang dianggap mencemarkan nama baik dan fitnah terhadap generasi muda Nahdhatul ulama (NU). “Maka sidang digelar kembali pada Kamis, (24/10) pekan depan,” kata hakim Slamet.

Sidang pembacaan vonis Gus Nur yang dijadwalkan kemarin menyita perhatian para santri dan banser untuk menggelar istiqosah di depan halaman PN Surabaya. Selain itu massa pendukung Gus Nur juga menggelar unjuk rasa di sisi utara penggadilan.

Petugas kepolisian membuat barisan pemisaah antara kedua massa ini. Selain itu petugas juga menutup total Jalan Arjuno. Namun, karena ada kabar sidang ditunda, akhirnya massa kedua belah pihak juga  membubarkan diri secara tertib.

Sebelumnya, Gus Nur telah dituntut dua tahun penjara oleh jaksa Kejati Jatim. Dalam surat tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Novan A Arianto yang dibacakan pada Kamis (5/9) lalu juga meminta agar saat pembacaan vonis, Gus Nur dinyatakan terbukti bersalah dengan perintah ditahan. (gin/rud)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia