Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Lantamal V Siagakan Pasukan Jelang Pelantikan Presiden

18 Oktober 2019, 13: 38: 27 WIB | editor : Wijayanto

Lantamal V Siagakan Pasukan Jelang Pelantikan Presiden

SURABAYA - Menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden, Minggu (20/10), Pangkalan Utama TNI AL V menyiagakan pasukannya yang dapat digerakan kapan saja.

Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono mengatakan, pihaknya telah mengadakan apel kesiapan siaga pengamanan pelantikan presiden dan wapres di Lapangan Markas Pemadam Kebakaran Lantamal V,  DBAL, Ujung,  Surabaya.

"Tujuan apel untuk mengecek kesiapsiagaan personel dan material di jajaran Lantamal V dalam rangka menyukseskan pelantikan presiden dan wakil presiden dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar," katanya.

Presiden dan wakil presiden, lanjutnya, adalah lambang negara. Di dalamnya terdapat kedaulatan negara yang sangat penting. Hal ini juga berkaitan dengan tugas pokok TNI dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRl dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Lantamal V telah menyiapkan satuan setingkat kompi (SSK) berupa tim intel, tim kesehatan, Pomal, Yonmarhanlan, dan Satsiaga Mako Lantamal V. Tedjo menegaskan, pasukan disiagakan sebelum, selama, dan setelah kegiatan pelantikan serta pengambilan sumpah dan janji presiden dan wakil presiden walaupun wilayah Surabaya terbilang jauh dari ibu kota negara, Jakarta.

Danlantamal V berharap, seluruh jajarannya dapat turut mewujudkan stabilitas keamanan di wilayahnya serta senantiasa memiliki kesiapan, kecepatan bergerak serta profesionalisme prajurit yang andal untuk mampu setiap saat melaksanakan tugas pembantuan tersebut secara berhasil dan berdaya guna. (gun/rek)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia