Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Ruang Genset Terbakar, 18 Pasien RSUD dr Soetomo Dievakuasi

18 Oktober 2019, 13: 33: 22 WIB | editor : Wijayanto

SIAGA: Armada PMK yang disiagakan di depan gedung GBPT RSUD dr Soetomo.

SIAGA: Armada PMK yang disiagakan di depan gedung GBPT RSUD dr Soetomo. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Ruang genset keluar asap tebal membuat panik pasien di RSUD dr Soetomo, Jalan Dharmawangsa, Gubeng, Surabaya, Kamis petang (17/10). Kebakaran berasal dari ruang genset di lorong Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo.

Delapan mobil dari Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya dikerahkan ke lokasi kejadian. Bahkan PMK juga mengerahkan satu mobil Bronto Skylift untuk memadamkan api.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya Dedik Irianto mengatakan, petugas PMK langsung menuju ke pusat asap. Namun, hingga pukul 18.30 asap sudah menipis. "Kami masih cari titik apinya," katanya.

Sumber api belum ditemukan, tapi asap tetap mengepul dan cenderung tebal. Inilah yang membuat panik pasien. Sementara asap dari ruang genset terus keluar. Pembasahan terus dilakukan hingga asap nantinya dinyatakan hilang.

Dedik mengaku kebakaran kemarin tidak mengganggu pasien di RSUD dr Soetomo. Sebab, letak lorong juga cukup jauh dari ruang bedah terpadu.

Salah satu keluarga pasien, Tika, 30, mengaku mendapat informasi terjadi arus pendek atau korsleting di ruang genset yang berada di lorong gedung. "Asap sudah habis sejak pukul 18.30. Sudah tidak tebal lagi seperti pertama," katanya.

Direktur RSUD dr Soetomo Joni Wahyuhadi mengatakan, ia mendapat laporan ada kapasitor bank (alat penstabil listrik) yang meledak. Akibatnya, asap mengepul dan masuk ke gedung. Pihaknya mengevakuasi beberapa pasien yang berada di sekitar ruang genset ke Graha Amerta dan GBPT.

"Ada 12 pasien di ICU dan empat pasien di kamar biasa dan dua pasien yang berada di ruang operasi yang kami evakuasi," katanya. (gun/rek)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia