Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Dua Pemuda Diringkus, Lima Kali Gunakan Sabu

18 Oktober 2019, 13: 23: 53 WIB | editor : Wijayanto

DITAHAN: Dua tersangka penyalanggunaan narkoba ditahan di Polsek Gayungan.

DITAHAN: Dua tersangka penyalanggunaan narkoba ditahan di Polsek Gayungan. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Berawal dari coba-coba menggunakan sabu-sabu (SS), dua orang pria dibekuk anggota Reskrim Polsek Gayungan. Dua pria tersebut ialah Rama Dwi Wirawan, 24, warga Jalan Sidotopo Wetan Mulyo Gang I Nomor 20 dan Cahyono, 34, warga Jalan Kapas Madya Gang 4 L Nomor 67, Surabaya.

Kedua tersangka membeli narkoba jenis SS secara patungan dan digunakan untuk memperkuat stamina saat bekerja. Sebelum mendapatkan SS, Rama mengaku membeli sabu bersama Cahyono yang biasa nongkrong di sebuah warung kopi (warkop) di kawasan Sidotopo.

Kanit Reskrim Polsek Gayungan Ipda Hedjen Oktianto, membenarkan penangkapan tersebut. Anggota Reskrim Polsek Gayungan mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa Rama dan Cahyono sering mengonsumsi dan membeli narkoba jenis sabu serta menggunakannya secara bersamaan. 

“Iya betul, jadi didapati satu poket sabu yang disimpan di saku celana panjang sebelah kanan tersangka Rama,” kata Ipda Hedjen.

Setelah menginterogasi Rama, polisi mengembangkan lebih lanjut dan mendapat informasi bahwa tersangka membeli SS bersama temannya, Cahyono. Alhasil, saat dilakukan penyelidikan lebih lanjut, ternyata benar, Cahyono sedang menunggu Rama di warkop. 

“Akhirnya kami tangkap, dia (Cahyono, Red) tidak bisa berkutik karena saat itu sedang asik main game,” jelas Ipda Hedjen. 

Selanjutnya, kedua orang tersebut diamankan di Polsek Gayungan untuk dimintai keterangan. Menurut pengakuan kedua tersangka, SS tersebut dibeli dengan cara patungan Rp 100 ribuan dan dibeli dari orang yang dikenal oleh keduanya. 

Saat didalami, barang haram itu dibeli dari seseorang bernama Dho’i di kawasan Jalan Jati Purwo. Mereka membeli dengan cara bertemu langsung dan menghentikan kendaraannya di sekitar jalan itu. 

“Setelah itu Rama dan Cahyono dihampiri orang yang bernama Dho'i. Kemudian tersangka membeli SS seharga Rp 200 ribu,” ungkap Ipda Hedjen. 

Menurut keterangan tersangka, mereka membeli SS dari Dho'i sudah lima kali ini dalam kurun waktu empat bulan terakir. Mereka berdalih, menggunakan SS tersebut untuk stamina kerja serta iseng ingin coba-coba.

“Saya pakai sudah lima kali ini, awalnya coba-coba. Akhirnya ketagihan untuk stamina biar kuat kerja malam,” ujar Rama. 

Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan satu plastik kecil berisi sabu seberat 0,35 gram. Sedangkan penjual SS atas nama Dho’i kini sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) dan masih dalam perburuan TAB Mapolsek Gayungan. (gin/rud)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia