Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Gandeng ICSB, Ubaya Bantu Pengembangan UMKM

17 Oktober 2019, 14: 11: 00 WIB | editor : Wijayanto

UMKM: Dari kanan, Founder dan Chairman ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya, Rektor Ubaya, Benny Lianto dan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Indonesia, Victoria Simanungkalit.

UMKM: Dari kanan, Founder dan Chairman ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya, Rektor Ubaya, Benny Lianto dan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Indonesia, Victoria Simanungkalit. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA –  Founder dan Chairman International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, Hermawan Kertajaya memberikan tips dan trik tentang entrepreneurial marketing kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Timur dan mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya). Dalam seminar “Entrepreneurial Marketing” yang digelar di Kampus Ubaya Trenggilis.

Pada seminar ini, Hermawan Kartajaya  menjelaskan peran ICSB di Indonesia dalam membantu meningkatkan pengetahuan dari UMKM untuk menjadi para pelaku usaha yang sukses serta mampu memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi kemakmuran suatu negara. 

ICSB merupakan organisasi non-profit dengan jaringan global di 85 negara yang berfokus pada pemberdayaan UMKM serta penyebaran semangat kewirausahaan.

Terdapat empat pilar utama yang saling bersinergi untuk memperkuat perkembangan UMKM di tanah air, yaitu Academician, Researcher, Policy Maker dan Business Practitioner. Ubaya merupakan perguruan tinggi yang tergabung dalam anggota ICSB Jatim dan termasuk dalam pilar academician serta terlibat aktif dalam mendukung kegiatan para pelaku UMKM di Jawa Timur. 

Veny Megawati, S.T., M.M. selaku Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya sekaligus Vice President Academic & Research ICSB Surabaya menyampaikan bahwa menghadirkan Hermawan Kartajaya merupakan salah satu cara untuk memberikan pengetahuan terkait UMKM dan kewirausahaan di Indonesia pada era saat ini.

“Pada tahun ini, Ubaya bersama ICSB Jatim mengusung tema besar yaitu Merajut Karya, Menuju UMKM Jatim Berdaya. Kegiatan ini merupakan tahun kedua Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Ubaya bekerja sama dengan ICSB Jatim dalam memberikan wawasan dan menggandeng para pelaku UMKM agar bisa naik kelas menjadi eksportir,” ucapnya. 

Pada kesempatan ini, ada enam tenant UMKM yang memamerkan dan menjual produk kepada pengunjung maupun peserta seminar yang hadir. Pelaku usaha se-Jawa Timur dapat bertukar informasi terkait UMKM dan kewirausahaan. (ism/rak)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia