Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Kekeringan, Polres Dibantu Banser-FPI Distribusi Air Bersih ke Warga

16 Oktober 2019, 19: 22: 34 WIB | editor : Wijayanto

Kekeringan, Polres Dibantu Banser-FPI Distribusi Air Bersih ke Warga

GRESIK – Polres Gresik bekerjasama dengan Banser NU serta FPI (Front Pembela Islam) menggelar bakti sosial dengan memberikan dropping air bersih dan pengobatan gratis di tiga desa wilayah Kecamatan Duduksampeyan. 

Dalam kegiatan itu, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo langsung memimpin kegiatan itu. Mantan Kapolres Jember itu memegang sendiri selang air dan mengisi ke jerigen warga yang berjejer.

Didampingi perwakilan Banser dan FPI, mereka bergotong royong membantu warga. "Kami mendistribusikan air bersih sebanyak 7 tangki yaitu sebanyak 35.000 liter untuk masyarakat Desa Tumapel, Desa Panjunan dan Desa Kandangan," kata Kusworo.

Dikatakannya, dii Desa Tumapel terdapat 600 Kepala Keluarga (KK). Mereka memanfaatkan air sumur untuk kebutuhan sehari-hari tetapi sumur mulai mengering. “Mereka terpaksa membeli air galon isi ulang,”  ungkapnya. 

Tidak hanya membagikan air bersih, Kapolres juga membantu pengobatan gratis di balai Desa Tumapel. Kegiatan bakti sosial digelar dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan membagikan obat-obatan.

“Tim Urkes (Urusan Kesehatan, Red) Polres Gresik memeriksa kesehatannya dan semoga yang dilakukan ini bisa memberikan manfaat bagi warga Desa Tumapel," pungkasnya.

Salah satu warga Desa Tumapel Sumarni, 47, mengatakan, sudah lama tangki air bersih belum masuk ke desanya. Untuk mendapatkan bantuan air, Sumarni membawa enam jerigen kosong dengan gledekan. "Yang dua punya saya, sisanya punya tetangga yang titip," terangnya.

Ia mengaku dua bulan ini air di rumahnya tidak mengalir. Warga harus hemat air. Tak sampai tiga hari, air galon sudah habis. "Alhamdulilah senang dapat air bersih gratis Polres Gresik. Mudah-mudahan musim hujan segera datang dan memenuhi waduk desa untuk kehidupan sehari hari," tambahnya. (yud/han)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia