Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Gas Elpiji Bocor, Gudang dan Enam Rumah di Jalan Harun Tohir Ludes

15 Oktober 2019, 18: 19: 24 WIB | editor : Wijayanto

PUING: Sisa kebakaran satu gudang dan 6 rumah di Jalan Harun Thohir gang V, Kelurahan Bedilan Gresik.

PUING: Sisa kebakaran satu gudang dan 6 rumah di Jalan Harun Thohir gang V, Kelurahan Bedilan Gresik. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Sedikitnya enam rumah dan satu gudang perlengkapan Haul yang terletak di Jalan Harun Thohir gang V Kelurahan Bedilang, Kecamatan Gresik hangus dilalap api Minggu (13/10). Tak hanya itu, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 03.45 ini juga menghanguskan 4 sepeda motor.

Salah satu korban kebakaran, Rifai, 49, mengatakan titik api muncul dari sebuah kompor milik salah satu pedagang ubi rebus yang diketahui bernama Mina. Saat kejadian dia melihat Mina sedang keluar dari dapur yang berada di belakang gudang sambil berteriak minta tolong. “Saat ibu Mina berteriak kondisi api sudah membakar plafon dapur,” ujarnya.

Melihat hal itu, Rifai membangunkan warga lain yang masih tertidur. Tidak hanya itu, para jamaah salat shubuh musala yang ada disebelah gudang berjibaku memadamkan api. Nahas, tiupan angin yang kencang ditambang struktur bangunan yang terbuat dari kayu membuat api dengan mudah menjalar. “Warga yang akan shalat shubuh kocar kacir membantu memadamkan api. Lidah api sudah menjalar ke masjid dan sempat mengenai bagian atap,” imbuhnya.

Di tempat sama pemilik gudang, Achmad Chusaini menambahkan, pada peristiwa kebakaran ini ada sekitar 7 bangunan terbakar yakni sembilan rumah dan satu gudang miliknya. Namun dari jumlah itu, tiga rumah mengalami kebakaran paling parah karena api membakar seluruh bangunan.

“Selain rumah ada sekitar empat motor milik warga yang terparkir juga hangus. Namanya ini musibah, jadi tidak tahu harus minta ganti rugi kemana. Yang terpenting tidak ada korban jiwa. Semua selamat,” tambahnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Gresik, Iptu Yoyok Mardi belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Namun kuat dugaan dikarenakan gas elpiji bocor. Kendati demikian, Yoyok memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. “Untuk penyebab masih diselidiki. Termasuk juga masih menghitung kerugian yang diderita masyarakat,” kata Yoyok. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia