Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Bantu Masyarakat Seleksi CPNS, BKD Luncurkan Aplikasi CAT

15 Oktober 2019, 17: 07: 46 WIB | editor : Wijayanto

Kepala BKD Jatim Anom Surahno

Kepala BKD Jatim Anom Surahno (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur Anom Surahno berencana meluncurkan aplikasi simulasi Computer Assisted Test (CAT) yang bisa diakses melalui android. “Aplikasi ini sudah dibuat tinggal diluncurkan saja. Rencananya akhir Oktober akan kita launching,” ujar Anom.

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin mengikuti tes seleksi CPNS. Menurutnya selama ini banyak sekali peserta tes CPNS ini yang kebingungan ketika menghadapi CAT. “Jadi aplikasi ini menggambarkan bahwa nantinya metodenya seperti ini,” jelasnya.

Anom menambahkan  CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi peserta tes seleksi CPNS.

Standar kompetensi dasar CPNS diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme PNS , dan CAT dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar CPNS dalam TKD (Tes Kompetensi Dasar).

Lebih lanjut Anom mengatakan pengoperasiannya aplikasi ini cukup mudah dan hampir sama dengan yang digunakan saat tes CPNS. Selain itu waktu yang tersisa dalam pengerjaan sudah terpampang jelas di monitor.

“Soal dengan bentuk pilihan ganda membuat kita cukup mengklik pilihan yang benar. Jadi soal yang muncul itu satu persatu, setelah kita memilih maka akan muncul soal setelahnya. Jadi bukan seluruh soal yang muncul dalam layar. Bahkan yang menggunakan aplikasi ini bisa langsung tahu berapa nilai yang diperoleh dari hasil tesnya,” paparnya.

Anom mengungkapkan uniknya aplikasi ini dibuat oleh staf Sub bidang Data dan Sistem Informasi, Zhulfi Bajra Wikjatmiko.

Zhulfi  yang baru masuk dan lolos pada seleksi CPNS 2018 ini merupakan Pengelola Teknologi Informasi BKD Jatim. “Meskipun penyandang disabilitas (tuna rungu) tapi kemampuannya terkait teknologi informasi sangat luar biasa. Kalau sudah bekerja pasti fokus di depan layar komputer dan cepat selesai,” pungkas Anom. (mus/rak) 

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia