Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo
Anggota TNI yang Kesandung Ulah Istri di Medsos

Besok, Peltu Yunus Jalani Sidang Disiplin Militer POM TNI AU

14 Oktober 2019, 18: 05: 20 WIB | editor : Wijayanto

MENYESAL: Fita Sulistyowati saat keluar dari ruang SPKT Polresta Sidoarjo.

MENYESAL: Fita Sulistyowati saat keluar dari ruang SPKT Polresta Sidoarjo. (HENDRIK MUCHLISON/RADAR SURABAYA)

Share this      

SIDOARJO - Komandan Landasan Udara (Lanud) Muljono Surabaya, Kolonel Pnb Budi Ramelan mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya masih menunggu berita acara dari Polisi Militer (POM) TNI AU terkait kasus salah satu anggotanya yang terpaksa dicopot dan disanksi karena ulah sang istri di medsos.

Budi mengatakan, berbekal berita acara tersebut, menjadi landasan untuk dilaksanakannya sidang disiplin militer terhadap Pembantu Letnan Satu (Peltu) Yunus Alfian. “Kalau berita acara sudah jadi, kemungkinan besok (Selasa, 15/10, Red) akan kami laksanakan sidang disiplin,” terang Budi Ramelan.

Sebagai gambaran, Peltu Yunus rencananya dikenakan sanksi berdasarkan Pasal 8a UU No 25 Tahun 2014 tentang Disiplin Militer. Ketentuan Pasal 8a menyebutkan bahwa setiap perbuatan yang bertentangan dengan perintah kedinasan, peraturan kedinasan, atau perbuatan yang tidak sesuai dengan tata tertib militer akan diberikan hukuman.

“Hukuman paling ringan 14 hari penahanan dan paling berat 21 hari, nanti ditentukan dari hasil sidang disiplin militer,” imbuh Budi Ramelan

Dalam kesempatan itu, Budi juga menyebut jika pihaknya tidak menduga jika salah satu anggotanya ada yang terlibat dalam pelanggaran disiplin militer gara-gara ulah nyinyir sang istri, Fita Sulistyowati, yang menghujat Menko Polhukam Wiranto dalam aksi penusukan di Pandeglang, Banten. Apalagi, pihaknya juga sudah sering memberikan himbauan kepada anggota maupun istri anggota.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Fita dilaporkan ke Polresta Sidoarjo lantaran komentarnya di medsos Facebook terkait peristiwa penusukan Wiranto. Selain Fita, suaminya yakni Peltu Yunus anggota TNI AU Lanud Muljono juga mendapat sanksi keras. Dia sudah dibebastugaskan dari jabatannya sejak Jumat (11/10) lalu. (son/nis)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia