Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

KAI Targetkan 15 Juta Penumpang Hingga Akhir Tahun 2019

11 Oktober 2019, 18: 02: 31 WIB | editor : Wijayanto

OPTIMISTIS: Calon penumpang memadati Stasiun Gubeng, Surabaya. KAI yakin dengan meningkatnya penumpang target sampai akhir tahun dapat terlampaui.

OPTIMISTIS: Calon penumpang memadati Stasiun Gubeng, Surabaya. KAI yakin dengan meningkatnya penumpang target sampai akhir tahun dapat terlampaui. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, perkembangan jumlah penumpang kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto menjelaskan, jika lonjakan penumpang kereta api, khususnya di wilayah Daop 8 Surabaya untuk periode Januari hingga Oktober 2019 telah mencapai kenaikan sebesar 5,11 persen dari program.

“Hingga saat ini, realisasi jumlah penumpang sudah di angka 9,27 juta padahal program yang kami targetkan hanya 8,82 juta penumpang,” ucapnya.

Lebih lanjut Suprapto menjelaskan, kenaikan tidak hanya terjadi di tahun 2019 saja. Tercatat, juga ada lonjakan jumlah penumpang dari tahun 2017 ke 2018. Kenaikannya bahkan mencapai 9,3 persen dari yang 10,3 juta penumpang pada tahun 2017 menjadi 11,2 juta penumpang pada tahun 2018.

Menurutnya, ada beberapa penyebab kini kereta api menjadi moda transportasi pilihan. Di antaranya adanya sejumlah penambahan perjalanan kereta api. Baik untuk jarak dekat maupun jauh. “Selain itu dari PT KAI per Daop sendiri juga terus meningkatkan layanan. Dan inilah yang akhirnya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang memilih kereta api sebagai sarana transportasi,” jelasnya.

Di samping itu, pihaknya melihat jika dari sisi eksternal adalah adanya peralihan preferensi penumpang pesawat udara yang kini beralih ke kereta api. Untuk rute perjalanan sendiri, PT KAI Daop 8 Surabaya mencatat jika mayoritas penumpang banyak memilih tujuan pemberangkatan dari Surabaya ke Jakarta. “Kalau ke arah timur, Jember dan Banyuwangi masih jadi favorit. Destinasi wisata seperti Yogjakarta dan Semarang juga menjadi tujuan yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat,” tambahnya.

Hingga akhir tahun 2019, PT KAI Daop 8 Surabaya menargetkan jumlah penumpang antara 14 hingga 15 juta penumpang. “Kami optimistis angka tersebut akan terlampaui. Mengingat ada momen penting seperti Natal dan Tahun Baru yang pastinya dapat menambah jumlah penumpang,” pungkasnya. (rul/nur)

(sb/rul/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia