Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Pemkot Segel Hotel Berbintang Tak Punya Penampungan Limbah B3

11 Oktober 2019, 14: 55: 43 WIB | editor : Wijayanto

TEGAS: Petugas Satpol PP memasang garis polisi di salah satu hotel di Jalan Diponegoro, Surabaya.

TEGAS: Petugas Satpol PP memasang garis polisi di salah satu hotel di Jalan Diponegoro, Surabaya. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Setelah menyegel hotel di Jalan HR Muhammad, Pemkot Surabaya kembali menertibkan hotel berbintang di Jalan Diponegoro, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Hotel Great disegel Satpol PP Kota Surabaya, Kamis (10/10). Penyebabnya sama dengan penyegelan sebelumnya, yakni hotel berbintang itu belum memiliki tempat penyimpanan sementara limbah bahan berbahaya beracun (B3).

“Kami lakukan penindakan dengan penyegelan,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Eko Agus Supiady Sapoetro. Penyegelan ini merupakan tindakan sementara. Hotel dipasangi stiker dengan tanda silang warna merah. Stiker dipasang di pintu masuk utama, termasuk di pintu gerbang menuju hotel.

Menurut Eko, dengan stiker itu, hotel sementara ini dilarang untuk beroperasional sampai memiliki tempat penyimpanan limbah B3. “Kalau masih ada tamu yang bermalam, ya dipersilakan. Namun, pihak hotel dilarang menerima tamu baru setelah segel dipasang,” tegasnya.

Stiker bertanda silang merah juga dipasang di pintu masuk Hotel Great, Jalan Diponegoro, Surabaya. Eko menambahkan, sebelum penyegelan, pihaknya sudah melayangkan surat peringatan. Bahkan, pihaknya sudah lima kali melakukan pembahasan tentang limbah B3 itu.

Hasilnya, sampai sekarang pihaknya belum mengeluarkan izin penyimpanan sementara limbah B3 tersebut. “Tetapi pihak hotel kini sudah mengajukan izin,” katanya.

Berapa lama hotel itu disegel? Eko menyebut sampai izinnya diterbitkan. Dia tidak bisa memperkirakan lamanya izin itu. “Sekarang mereka sudah konsultasi desain. Lamanya izin tergantung lama atau tidaknya desain itu diselesaikan,” katanya. (gin/rek)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia