Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Kabur Naik Mobil, Pencuri Kotak Amal Ini Ditangkap Warga dan Dimassa

10 Oktober 2019, 18: 12: 19 WIB | editor : Wijayanto

NEKAT: Mobil Honda Brio milik pelaku ikut dirusak jadi sasaran amuk massa.

NEKAT: Mobil Honda Brio milik pelaku ikut dirusak jadi sasaran amuk massa. (HENDRIK MUCHLISON/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Aksi pengejaran terhadap pelaku maling kotak amal musala yang mengendarai mobil Honda Brio menghebohkan warga Sidoarjo, Kamis (10/10).

Pelaku berhasil diringkus warga setelah melompat dari jembatan layang Jenggolo, Kecamatan Buduran. Pelaku tak lain adalah Haryanto, 31, warga Pagerwojo RT 13/RW 4, Kecamatan Buduran.

Seperti dituturkan Soleh, 55, ketua RT setempat, pelaku tepergok sedang berusaha mencongkel kotak amal di musala Baiturrohim yang berlokasi di Desa Bulu Sidokare RT 14/RW 02, Kecamatan Sidoarjo.

"Sekitar pukul 13.00, dia diteriaki takmir, maling-maling!" sebut Soleh saat ditemui di Mapolsek Sidoarjo Kota. Mendengar teriakan itu, Soleh bersama warga sekitar langsung mengejar pelaku.

Panik melihat warga berdatangan, pelaku meninggalkan musala dengan mengendarai mobil Honda Brio nopol N 1439 WO miliknya. "Pelaku sudah dihadang pakai motor, tapi tetap memaksa. Sampai mau menabrak warga yang menghadang," ucap pria asal Madura itu.

Pengejaran masih berlanjut hingga pelaku masuk ke parkiran pusat perbelanjaan di Jalan Pahlawan (Ciplaz) lantaran ada kereta melintas di jalan itu. "Mobilnya (Honda Brio, Red) sampai nabrak palang pintu parkir mall," terang Aiptu Situmorang yang saat itu sedang patroli di Ciplaz.

Pelaku masih belum menyerah. Ia memaksa keluar dari tempat parkir dan melarikan diri ke arah Jalan Jenggolo. Warga dan polisi pun terus melakukan pengejaran.

Saat melintas di jembatan layang Jenggolo, mobil pelaku terjebak kemacetan. Nekatnya, ia malah keluar dari mobil dan lari berusaha kabur.

Bahkan untuk menghindari tangkapan warga, pria berumur 31 tahun itu nekat melompat dari jembatan layang Jenggolo.

Di bawah jembatan layang itulah, pelaku akhirnya menyerah setelah berhasil ditangkap warga yang berada di bawah jembatan layang. 

Karena emosi, kaca mobil pelaku pecah lantaran menjadi sasaran amuk massa. Pelaku kemudian digelandang ke Mapolsek Sidoarjo Kota untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Supiyan membenarkan kejadian itu. "Pelaku sudah diamankan dan sedang menjalani penyelidikan," singkatnya. Belum diketahui motif pelaku yang bermobil ini nekat mencongkel kotak amal musala. (son/jay)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia