Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Masuki Tengah Tahun, Kredit Konstruksi Melambat

10 Oktober 2019, 12: 03: 13 WIB | editor : Wijayanto

PROGRESS: Para pekerja sedang membangun konstruksi apartemen di wilayah Gresik.

PROGRESS: Para pekerja sedang membangun konstruksi apartemen di wilayah Gresik. (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK - Penyaluran kredit konstruksi di perbankan hingga pertengahan tahun mengalami perlambatan. Data dari beberapa perbankan, untuk kredit tersebut bahkan sepi peminat.

Kepala Bidang Pemasaran Bisnis Bank BNI Gresik, Johannes Dwi Suhartono mengungkapkan, hingga Januari sampai September pihaknya belum mengucurkan kredit konstruksi di atas Rp 1 miliar. Hal itu dikarenakan tidak ada pemohon yang mengajukan. 

“Kondisi tahun ini hampir sama dengan tahun lalu. Sampai dengan kuartal II/2019 belum ada yang mengajukan (kredit) konstruksi,” tuturnya.

Padahal, kata Dwi kredit konstruksi berkontribusi besar terhadap terhadap total keseluruhan kredit perseroan. Melihat kondisi ekonomi tengah lesu, pihaknya tidak bisa berbuat banyak.

"Kami tetap mengedepankan azas prudent (kehati-hatian, Red) dengan fokus pemberian loan kepada nasabah yang berkualitas untuk seluruh segmen," ujarnya.

Sementara itu, Consumer Loan Manager Bank Mandiri Gresik, Hendra Gunawan mengatakan, meski belum bisa memaparkan angka penyaluran kredit, pihaknya menargetkan kredit konstruksi tumbuh double digit.

“Untuk mencapai target kami akan gencar ikut dalam pembiayaan sindikasi dan pembiayaan kepada rekanan turunannya terutama pada proyek strategis,” katanya.

Dikatakan dia, sektor konstruksi menarik karena alokasi infrastruktur besar. Banyak perusahaan swasta berinvestasi di jalan tol. Selama ini, sektor yang paling banyak menyerap penyaluran kredit yakni jalan dan konstruksi. 

"Kami melihat kebutuhan kredit riil nasabah di sektor konstruksi cukup tinggi. Untuk itu, kami aktif berkomunikasi dengan mereka untuk memastikan kualitas kredit supaya terjaga pada level yang baik,” tandasnya. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia