Sabtu, 14 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Ribuan Seragam Pramuka Siap Dibagikan

09 Oktober 2019, 16: 40: 28 WIB | editor : Wijayanto

PENUH: Boks seragam pramuka di kantor Dispendik ini didata dan akan didistribusikan.

PENUH: Boks seragam pramuka di kantor Dispendik ini didata dan akan didistribusikan. (YUAN ABADI/RADAR SURABAYA)

Share this      

GRESIK - Seragam gratis akan segera dibagikan. Ribuan potong seragam pramuka untuk SD/SMP sudah terkumpul. Rencana Dispendik Pemkab Gresik akan mendistribusikan ke setiap UPT mulai minggu depan karena masih ada ratusan potong yang masih dalam proses pengiriman.

Kabid Managemen Pendidikan Dispendik Pemkab Gresik Suwono mengatakan ribuan potong seragam pramuka itu mulai berdatangan dari Selasa (8/10). Sebagian disimpan di Kantor Dispendik, sisanya di Polsek Kota. “Namun masih ada satu mobil boks lagi yang belum datang. Kemungkinan besok, (hari ini,red),” ungkap Suwono.

Dikatakannya, setelah datang semuanya, pihaknya akan melakukan pendataan untuk segera mendistribusikan ke UPT atau kecamatan sekolah masing-masing. Nantinya pihak kecamatan yang akan membagi.

“Seragam itu sudah dibungkus kardus setiap sekolah. Jadi dipastikan proses pendistribusiannya lebih cepat. Kalau tahun sebelumnya kami menghitung kembali satu-satu,” terangnya. 

Yang bisa segera dibagikan kepada siswa masih seragam pramuka. Sedangkan merah putih atau putih biru belum. “Kontrak pengerjaan seragam itu berbeda. Sehingga tak bisa bersamaan. Namun baik yang putih biru atau putih merah sudah proses. Bulan ini kami minta agar diselesaikan sehingga bisa segera dibagikan,” pungkasnya.

Diketahui, Dispendik menyiapkan 10.400 potong kain untuk siswa SD. Yakni kain putih merah dan pramuka. Sedangkan untuk SMP disiapkan 7.000 potong kain berupa putih biru dan pramuka.

Sebelumnya, proses lelang pengadaan kain seragam itu memang tidak lancar. Pemenang lelang ternyata tidak siap dan akhirnya mengundurkan diri. Namun, Suwono mengaku hal itu bukan menjadi persoalan. Lelang tetap berjalan sesuai jadwal.

Meski begitu, pihaknya mengakui adanya keterlambatan pembagian kain seragam gratis. Awal tahun lalu Dispendik mengupayakan sragam gratis dibagikan ketika siswa masuk, yakni 15 Juli lalu.

Sebagai catatan, pembagian kain seragam gratis Dispendik tidak pernah tepat waktu. Misalnya tahun 2018 lalu, kain baru dibagikan di akhir semester. Tahun sebelumnya juga bernasib sama. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik sempat mengusulkan agar pengadaan kain gratis dilakukan sekolah melalui Bosda. Namun, Dispendik masih sanggup. (yua/han)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia