Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Laka di Gresik Tinggi, Sebulan 18 Nyawa Melayang di Jalan

09 Oktober 2019, 14: 41: 25 WIB | editor : Wijayanto

RUSAK: Pengendara harus berhati-hati karena kondisi jalan aspal yang sudah mengelupas.

RUSAK: Pengendara harus berhati-hati karena kondisi jalan aspal yang sudah mengelupas. (YUAN ABADI/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Angka kecelakaan di Gresik masih tinggi. Sehari bisa dua hingga tiga kali terjadi kecelakaan. Tercatat selama bulan September hingga awal Oktober 2019 saja terjadi sekitar 71 kejadian laka lantas. Parahnya, 18 orang di antaranya meninggal di jalan.

Berdasarkan analisa dan evaluasi (anev) dari Unit Laka Lantas Polres Gresik, selama September ada 61 kecelakaan. Dari kejadian itu, 13 orang di antaranya meninggal.

Lalu berdasarkan data yang dihimpun Radar Gresik selama Oktober, sudah sepuluh kejadian laka dengan korban tewas sebanyak lima orang. 

Meski demikian, jumlah korban meninggal di bulan September masih menurun dibandingkan Agustus lalu. Dari 72 kejadian laka, 19 orang yang meninggal. Untuk korban ringan di dua bulan itu mencapai angka ratusan. 

Kanit Laka Lantas Polres Gresik, Ipda Yosi Eka Prasetya mengatakan dari data itu, sepeda motor selalu mendominasi. Agustus, 92 motor, sedangkan di September mencapai 80 motor.

Kebanyakan pengendara motor itu mengalami laka tunggal dan senggolan dengan truk. “Pemicunya karena kurangnya konsentrasi pengendara,” ungkap Yosi. 

Sedangkan lokasi kecelakan menyebar,  namun Jalan Driyorejo dan Duduksampean masih menjadi blackspot atau titik rawan kecelakaan.

Sebab dari puluhan kejadian laka, hampir 60 persen terjadi dua jalan tersebut. “Kondisi jalan bergelombang ditambah lalu lintas kendaraan berat menjadi faktor kecelakaan di jalan tersebut,” terangnya. 

Yosi mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada saat berkendara. Hindari berkendara saat mengantuk.  Selalu waspada jika ingin mendahului serta perhatikan medan jalan. “Lebih baik sabar, namun selamat sampai di rumah,” pungkasnya. (yua/han)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia