Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Sukses Suroboyo Bus, Kembangkan Bus Low Deck untuk Jalan Kecil

09 Oktober 2019, 13: 37: 33 WIB | editor : Wijayanto

TAMBAH ARMADA: Bus Suroboyo melintas di Frontage Road (FR) Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

TAMBAH ARMADA: Bus Suroboyo melintas di Frontage Road (FR) Jalan Ahmad Yani, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Suroboyo Bus kian diminati masyarakat. Tahun depan bus milik Pemkot Surabaya itu akan membuka jalur-jalur kecil dengan armada bus tipe dek rendah (low deck). Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, nanti semua armada Suroboyo Bus terkoneksi dengan dengan jalan-jalan kecil.

"Kita coba dulu jalan yang kecil-kecil. Nanti kita aktifkan dengan menggunakan bus jenis low deck berbahan bakar hidrogen. Harganya mahal, ya gak apa-apa karena harus kita mulai," katanya.

Risma mengungkapkan, pihak Damri bersedia membantu penyediaan bus-bus tersebut. Dengan begitu, bakal terkoneksi seluruh jalan raya di Kota Surabaya.

"Aku sudah buat surat untuk Damri. Kementerian Perhubungan juga mau membantu," ungkapnya.

Dengan adanya penambahan bus, otomatis akan ada penambahan rute. Saat ini jalur utara-selatan sudah dilayani Damri. "Nanti aku (pemkot) akan tambah wilayah timur dan barat," katanya.

Menurut Risma, upaya mengajak masyarakat menggunakan transportasi masal tidak mudah. Permasalahan utama itu adalah disiplin waktu.

"Paling susah di manajemen kota itu angkutan. Sekarang orang ditinggal dua menit saja sudah terlambat bekerja, bersekolah. Makanya, dibutuhkan disiplin waktu," terangnya.

Nantinya bus-bus baru tersebut menggunakan sistem pembayaran yang sama, yakni botol plastik. Risma menegaskan, tujuan pembayaran menggunakan plastik adalah mengurangi sampai plastik.

Risma tidak tertarik dengan ide membuat jalur khusus untuk bus sebagaimana jalur busway di Jakarta. "Untuk apa jalur khusus? Malah bikin macet," katanya. (rmt/rek)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia