Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Kunjungi Jepang, Bupati Sambari Gaet Investor

06 Oktober 2019, 16: 29: 25 WIB | editor : Wijayanto

INVESTASI: Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat menggelar pertemuan dengan KJRI dan JIBA di Jepang,

INVESTASI: Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat menggelar pertemuan dengan KJRI dan JIBA di Jepang, (ISTIMEWA/SMELTING FOR RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Bupati Sambari Halim Radianto bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik berkunjung ke Jepang. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka mengikuti Indonesia Japan Fiesta 2019 yang berlangsung di Osaka, Jepang.

Selain ikut pameran, bupati juga bertemu dengan Japan Indonesia Business Association (JIBA) dan Konsulat Jenderal RI (KJRI) untuk menawarkan kerjasama investasi kepada pengusaha Jepang.

Selain Bupati Sambari dan para pejabat, kunjungan juga diikuti perwakilan PT Smelting Irjunawan P Radjamin, Kepala Kantor Syahbandar dan Kepala Pelabuhan (KSOP) Gresik Totok Mukarto, pengusaha UMKM Arif Darmawan, dan pengusaha tambang serta reklamasi Hersan Raharja. 

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyampaikan terima kasih terhadap KJRI yang telah mengundang Pemkab Gresik untuk ikut dalam pameran ini.

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya memaparkan berbagai keunggulan infrastruktur di Gresik yang memungkinkan untuk menarik minat investor dari Jepang. Juga berharap bisa membuka akses kerjasama di bidang pendidikan di negeri ini.

Sambari mengatakan, Gresik telah memiliki infrastruktur yang sangat memadai untuk investasi. Mulai dari infrastruktur pelabuhan, air, listrik, jalan tol dan kemudahaan perijinan. 

Disampaikan juga bahwa sudah banyak perusahaan Jepang yang telah berinvestasi di Gresik. Selain PT Smelting, PT Cargill, PT Indospring, dan Mitsubishi Steel telah membangun pabriknya di daerahnya. 

"Kami mengundang Kinoshita San dan perusahaan Jepang lainya untutk datang ke Gresik. Kami akan sambut dengan tangan terbuka dengan berbagai kemudahan yang telah kami siapkan," ujarnya dalam rilis yang diterima Radar Gresik dari PT Smelting.

Hal senada disampaikan perwakilan PT Smelting Irjunawan P Radjamin. Pihaknya menambahkan bahwa PT Smelting yang sejak 1997 membangun pabrik telah merasakan jika Gresik amat cocok untuk berinvestasi. "Kami telah merasakan telah mendapat kemudahan dan jaminan berinvestasi di daerah ini," tuturnya.

Kepala Kantor Syahbandar dan Kepala Pelabuhan (KSOP) Gresik Totok Mukarto juga menambahkan bahawa Gresik sangat cocok untuk investasi karena saat ini ada 9 pelabuhan besar yang mendukungnya. "Fasilitas pelabuhan besar di Gresik sangat mendukung investasi di wilayah ini," tambah Totok Mukarto.

Sementara itu,  Konsul Jenderal RI di Osaka Mirza Nurhidayat menyambut baik partisipasi Pemkab Gresik dalam pameran kedua yang digelar KJRI ini.

"Kami berharap event ini bisa makin membuka pintu bagi Gresik untuk kerjasama dengan dunia internasional, terutama di bidang budaya, ekonomi, dan industri antar kedua negara," katanya.

Sedangkan pertemuan dengan JIBA dibicarakan berbagai peluang kerjasama ekspor-impor dan peluang investasi. Dalam pertemuan itu hadir Chairman JIBA Kinoshita, Matsuki (Sekjen) dan Ogawa. JIBA memiliki ikatan kuat dengan Jawa Timur dalam perdagangan dan industri.

Kinoshita menyatakan siap membantu mendatangkan perusahaan di Jepang agar berinvestasi di Gresik. Juga siap menjembatani berbagai peluang kerjasama ekspor-impor berbagai komoditas antara Pemkab Gresik dengan Jepang. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia