Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Antisipasi Tsunami, Pemkot Siapkan 75 Hektare untuk Pembibitan Mangrov

06 Oktober 2019, 08: 05: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Erna Purnawati, Plt Kepala DKPP Kota Surabaya

Erna Purnawati, Plt Kepala DKPP Kota Surabaya (Rahmat Sudrajat/Radar Surabaya)

Share this      

SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan terus mengalakkan penanaman termasuk penanaman bibit mangrove di lahan seluas 75 hektare di kawasan pantai timur Surabaya di Kelurahan Keputih. Tujuan penanaman bibit mangrove untuk mencegah terjadi tsunami.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Erna Purnawati, pihaknya akan terus menggalakkan penanaman, termasuk penanaman bibit mangrove yang salah satu fungsinya untuk mencegah terjadinya tsunami. "75 hektare itu luar biasa luasnya, sehingga kami terus percepat penanamannya di Keputih," katanya saat dihubungi Radar Surabaya, Sabtu (5/10).

Pihaknya saat ini sudah memanfaatkan lahan di mini agrowisata di area kantor DKPP Surabaya untuk melakukan pertanian terpadu dan urban farming. Di samping itu, ia mengaku terus menggalakkan penyuluhan dan pembagian bibit, seperti bibit lombok dan berbagai bibit lainnya. Apalagi, lanjut dia, sekarang di Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) ada program smart kampung, sehingga semakin banyak warga yang meminta bibit ke DKPP yang dibagikan secara gratis.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga terus menggenjot kuantitas tanaman mangrove. Menurutnya, penambahan itu memang diperlukan. Sebab, masih ada beberapa area yang ditanami mangrove lagi. Letaknya di seluruh area ekowisata mangrove. ”Ya, masih kurang. Kami merencanakan tambahan itu. Meski jumlahnya sudah ratusan ribu,” imbuhnya. 

Selain konservasi, tujuannya juga memperluas lahan mangrove. Manfaatnya begitu penting untuk area perkotaan seperti Kota Pahlawan ini. Terutama untuk keseimbangan lingkungan dan ekosistem. “Termasuk untuk antisipasi dan menekan dampak bencana seperti tsunami itu,” pungkasnya. (rmt/nur)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia