Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

Cabup Maju Independen Wajib Siapkan 70 Ribu e-KTP

05 Oktober 2019, 00: 07: 32 WIB | editor : Wijayanto

Akhmad Roni

Akhmad Roni (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020 memang belum dimulai. Meski begitu, sejumlah calon sudah bermunculan. Bagi yang ingin maju melalui jalur independen, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gresik mewajibkan calon untuk menyiapkan fotocopy elektronik KTP (e-KTP) 70 ribu orang.

Ketua KPUD Gresik Akhmad Roni mengatakan sesuai aturan memang syarat maju independen adalah mendapat dukungan 7,5 persen darik Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu sebelumnya. Kalau diperkirakan jumlahnya mencapai 70 ribu orang. “Calon independen harus mengumpulkan 7,5 persen dukungan dari DPT pemilu sebelumnya sebanyak 927 ribu orang,” ujarnya.

Selain e-KTP, syarat dukungan harus melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani pemilik e-KTP. Nanti tim dari KPUD Gresik akan turun ke lapangan untuk melakukan validasi syarat dukungan tersebut. “Jadi harus ada tandatangannya. Tidak hanya e-KTP saja. Karena akan kami datangi satu persatu nanti,” terang dia.

Ditambahkan, pada akhir Desember hingga Maret mendatang, baru calon independen bisa memasukkan berkas kepada KPU. “Tahapannya belum keluar. Tapi kemungkinan akhir Desember sudah bisa memasukkan berkas,” imbuh dia. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia