Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Features

ACT Jatim Dirikan Posko Kemanusiaan dan Crisis Center Tragedi Wamena

02 Oktober 2019, 18: 18: 13 WIB | editor : Wijayanto

PEDULI KEMANUSIAAN: Posko Kemanusiaan dan Crisis Center Tragedi Kemanusiaan Wamena yang didirikan ACT Jatim di kantornya di Jalan Gayungsari Barat X No. 41 Surabaya.

PEDULI KEMANUSIAAN: Posko Kemanusiaan dan Crisis Center Tragedi Kemanusiaan Wamena yang didirikan ACT Jatim di kantornya di Jalan Gayungsari Barat X No. 41 Surabaya. (ISTIMEWA/ACT)

Share this      

SURABAYA - Tragedi kemanusiaan di Wamena, Papua, telah menyebabkan 33 orang meninggal, 77 orang luka-luka, 10.000 orang mengungsi dan 2.589 orang melarikan diri ke luar Papua. Rencananya, hari ini (2/10), pesawat Hercules akan mengangkut sekitar 170 penumpang korban konflik kemanusiaan di Wamena tujuan Makassar (Sulawesi Selatan) dan Malang (Jawa Timur).

SILATURAHMI: Kunjungan pimpinan ACT Jatim ke kediaman Ketua Dewan Pembina ISMI Jatim, Misbahul Huda (baju putih).

SILATURAHMI: Kunjungan pimpinan ACT Jatim ke kediaman Ketua Dewan Pembina ISMI Jatim, Misbahul Huda (baju putih). (ISTIMEWA/ACT)

ACT Jawa Timur turut berkontribusi menfasilitasi penyambutan warga korban tragedi kemanusiaan ini dari Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, untuk dipulangkan ke daerah asal mereka. Warga mengalami ketakutan dan trauma yang mendalam, sehingga memilih untuk pulang ke daerah asalnya.

Kapten Hasyim, anggota TNI AU Lanud Hasanuddin Makassar menyampaikan bahwa akan ada penerbangan Hercules A-1305 menuju Lanud Hasanuddin. "70 orang tujuan Makassar, dan sisanya 100 orang menuju ke bandara di Malang untuk dipulangkan ke Jawa Timur," kata Kapten Hasyim.

Sementara itu, Kepala ACT Jawa Timur Wahyu Sulistianto Putro saat dikonfirmasi terkait informasi ini mengaku akan turut menyambut warga Jatim yang terdampak konflik sosial untuk memberikan dorongan moril dan menfasilitasi warga ke daerah asal.

"Kita akan bantu warga Jatim yang terdampak (tragedi kemanuasiaan Wamena), baik mulai pendampingan psikologis maupun menfasilitasi mereka pulang ke daerah asal," kata Wahyu.

Misbahul Huda, Ketua Dewan Pembina Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) Jawa Timur saat kunjungan tim ACT juga mengajak masyarakat untuk bergerak membantu saudara sebangsa.

"Isu-isu sosial menjadi perhatian, yang terbaru adalah isu tragedi kemanusiaan di Wamena, banyak warga yang membutuhkan bantuan papan, sandang, atau materi lainnya, untuk itu kepedulian terbaik bisa disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT)," katanya.

ACT Jatim  membuka Posko Kemanusiaan dan Crisis Center untuk membantu mengatasi tragedi kemanusiaan di Wamena. Posko ini dibuka di Kantor ACT Jatim Jalan Gayungsari Barat X No. 41 Surabaya.

Untuk masyarakat yang ingin menggalang kepedulian bagi saudara sebangsa yang saat ini tertimpa musibah bisa menyalurkan bantuannya ke rekening kemanusiaan atas nama Aksi Cepat Tanggap di Bank Mandiri norek #127 000 7669 623 dan Bank Syariah Mandiri norek #77777 89664. (aa/act/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia