Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

GKR Hemas Dukung La Nyalla Pimpin DPD RI

01 Oktober 2019, 16: 33: 57 WIB | editor : Wijayanto

Anggota DPD RI, La Nyalla Mattalitti dan Presiden RI Joko Widodo.

Anggota DPD RI, La Nyalla Mattalitti dan Presiden RI Joko Widodo. (ISTIMEWA)

Share this      

JAKARTA - Anggota DPD RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas memberikan dukungan kepada La Nyalla Mahmud Mattalitti untuk memimpin DPD RI masa bakti 2019-2024. Dukungan GKR Hemas itu diberikan secara tertulis kepada La Nyalla sesaat usai pelantikan anggota DPR, DPD dan MPR di Gedung Nusantara Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Dukungan GKR Hemas kepada La Nyalla semakin memuluskan langkah anggota DPD asal Jawa Timur tersebut untuk lolos sebagai pimpinan DPD RI dari gugus Barat 2 yang meliputi Lampung, Jawa dan Bali. Sebab selain dari GKR Hemas, La Nyalla kabarnya telah mengantongi 16 dukungan dari 32 suara di Barat 2.

“Saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu Ratu yang sudah memberi kepercayaan dan dukungan, sekaligus amanat kepada saya untuk maju sebagai pimpinan DPD RI. Insya Allah saya akan menjalankan amanat dan komitmen saya untuk membawa DPD ke depan lebih baik, dengan semangat kepemimpinan kolektif kolegial,” ungkap La Nyalla kepada wartawan di Gedung MPR RI.

La Nyalla yang mendulang 2,2 juta suara di Jawa Timur menyatakan bahwa dirinya ingin DPD RI ke depan dipimpin dengan pola kolektif kolegial dengan memberi lebih banyak ruang aksi positif kepada seluruh anggota.

“Sehingga tidak ada siapa dipimpin siapa. Empat orang pimpinan itu hanya penjaga marwah dan pemberi arah saja. Karena setiap anggota punya kewajiban moral yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat di daerah masing-masing,” tukasnya.

Sebanyak 136 anggota DPD RI periode 2019-2024 telah resmi dilantik, Selasa (1/10). Mereka mengucapkan sumpah atau janji jabatan untuk mengemban tugas selama lima tahun ke depan.

Pelantikan digelar di Ruang Paripurna I, Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). Sidang paripurna pelantikan anggota DPD RI periode 2019-2024 dipimpin oleh pimpinan sementara, Sabam Sirait (anggota DPD tertua) dan Jialyka Maharani (anggota DPD termuda).

Sekjen DPD Reydonnyzar Moenek membacakan Keputusan Presiden tentang peresmian keanggotaan DPD RI. Selanjutnya, 136 anggota DPD mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPD dipandu Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali. (rak/jay)

(sb/rak/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia