Senin, 20 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Bunga KPR/KPA Murah Jadi Harapan Developer Ungkit Properti

27 September 2019, 13: 47: 23 WIB | editor : Wijayanto

JADI STIMULUS: Developer berharap ada kebijakan bunga KPR/KPA yang murah dengan begitu sektor properti dapat bergairah kembali .

JADI STIMULUS: Developer berharap ada kebijakan bunga KPR/KPA yang murah dengan begitu sektor properti dapat bergairah kembali . (ABDULLAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Bunga kredit murah masih menjadi harapan bagi developer di tengah masih lesunya pasar properti tahun ini. Pasalnya, dengan bunga kredit yang murah, konsumen bisa semakin tertarik untuk kembali membeli yang dari semula masih bersikap wait and see.

Menurut Direktur PT Intiland Grande Harto Laksono, saat ini kondisi pasar properti masih cenderung stuck. Kalaupun ada pergerakan itupun kecil sekali. Sebab, market harus distimulus dengan banyak cara, salah satunya lewat KPR/KPA bunga murah.

“Saat ini hampir 70 – 90 persen pembelian properti lewat KPR atau KPA. Karena itu jika bank berani menawarkan bunga murah akan sangat menarik,” kata Harto Laksono di kantornya.

Dijelaskan Harto, bunga KPR/KPA murah akan sangat menarik bagi calon pembeli. Pasalnya, dengan bunga kredit yang murah mereka masih bisa memutar dananya untuk keperluan yang lain. Apalagi jika bunga kredit murah tersebut bisa berlangsung lama, maka akan semakin menarik.

“Sekarang bisnis juga melambat. Kalau bunga KPR dan KPA dari perbankan semakin murah, maka mereka masih bisa memutar dananya untuk keperluan cashflow nya,” tandasnya.

Hal yang sama juga dikatakan Associate Direktur PT Ciputra Development Tbk Hendra Lauw. Menurutnya, bunga bank yang murah akan membuat pasar properti kembali bergairah. Pasalnya, dengan bunga yang murah maka cicilan juga akan terasa ringan.

“Sekarang beberapa bank sudah memberikan bunga murah. Hal ini akan mendorong minat beli konsumen. Sebab meskipun rumah kelas premium dengan harga Rp 2 – 4 miliaran, namun mereka lebih suka membeli lewat KPR/KPA,” ujar Hendra Lauw.

Sementara itu, Consumer Loan Head Bank Mandiri Regional 8 Jatim Indardi Wahyudi mengatakan, saat ini pihaknya terus menggenjot penyaluran kredit baik untuk apartemen maupun landed house. Sebab itu pihaknya  juga menawarkan bunga KPR/KPA yang ringan.

“Saat ini kami ada paket spesial dengan bunga hanya 6,75 persen fixed tiga tahun. Program ini sangat menarik. Kami yakin target tahun ini akan tercapai,” kata Indardi.

Kepala Kantor Kredit Konsumer BCA Surabaya Rudy Harsono menuturkan, saat ini kondisinya agak berat. Sehingga pihaknya merasa perlu mendorong konsumen dengan bunga ringan. Salah satunya adalah paket bunga 6,75 persen fixed tiga tahun dan bunga 7,5 persen fixed lima tahun.

“Ini paket menarik yang akan kami rilis saat auto show nanti. Tanpa syarat dan dapat bonus asuransi maksimal 20 persen . Penawaran ini hanya berlaku hingga 25 Oktober nanti,” tandas Rudy Harsono. (fix/nur)

(sb/fik/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia