Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Ngaku Wartawan Online, Ternyata Pengedar Ekstasi Jaringan LP Porong

27 September 2019, 13: 10: 51 WIB | editor : Wijayanto

BUDAK NARKOBA: Tersangka Hartanto diamankan di Polrestabes Surabaya.

BUDAK NARKOBA: Tersangka Hartanto diamankan di Polrestabes Surabaya. (GUNTUR IRIANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Penyelidikan terkait pengungkapan narkoba jaringan lembaga pemasyarakatan (lapas) terus dilakukan. Hasilnya, tersangka Hartanto, 33, warga Jalan Kedinding Tengah Jaya, Kenjeran, berhasil dibekuk.

Bisnis haram ini ternyata dikendalikan seorang napi di lapas. Hartanto diketahui merupakan oknum wartawan online. Hal itu terungkap dari kartu pers miliknya. Saat dibekuk, dia membawa 91 ekstasi.

Wakasatresnarkoba Polrestabes Surabaya AKP Heru mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan setelah mendapat informasi adanya seseorang yang membawa narkoba di wilayah Babatan Pantai Utara, Mulyorejo.

Saat disergap, ditemukan pil ekstasi yang disimpan dalam beberapa poket. "Kami amankan tersangka saat itu tanpa perlawanan, pengakuannya untuk dikonsumsi sendiri," ujar AKP Heru.

Dari penggeledahan, polisi juga menemukan sebuah ID Card yang mencantumkan nama Hartanto sebagai wartawan salah satu media online lokal. Tersangka mengakui sebagai wartawan media daring. Ia mengedarkan pil tersebut sesuai permintaan.

Tersangka juga tercatat sebagai bendahara di media online tersebut. "Kami tangkap ia hendak menjual pil tersebut. Dari sini kami lakukan pengembangan untuk jaringannya," tegasnya.

Dari pengakuan tersangka, ia diarahkan oleh seorang napi bernama Ari. Napi Lapas Porong ini yang mengirimkan pil tersebut. Tersangka mengatakan, jika memang pilnya merek bagus, ia bisa mendapat untung Rp 200 ribu per butirnya.

Setelah sudah terjual semua, ia membayar hasil penjualan ke napi tersebut melalui transfer bank. "Napi ini masih kami dalami lagi. Kami masih kembangkan lagi," tegasnya. (gun/rud)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia