Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Amburadul, Dewan Soroti Trayek Angkutan Ziarah ke Makam Sunan Giri

26 September 2019, 13: 09: 51 WIB | editor : Wijayanto

SIDAK: Wakil Ketua Komisi I DPRD Gresik Syaichu Busyiri saat berbincang dengan petugas dari Pemkab Gresik di Terminal Wisata Giri.

SIDAK: Wakil Ketua Komisi I DPRD Gresik Syaichu Busyiri saat berbincang dengan petugas dari Pemkab Gresik di Terminal Wisata Giri. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Amburadulnya trayek angkutan ziarah Makam Sunan Giri dan Makam Maulana Malik Ibrahim menjadi sorotan kalangan dewan. Kemarin, Wakil Ketua Komisi I DPRD Gresik Syaichu Busyiri mendatangi Terminal Sekarkurung Wisata Makam Sunan Giri bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

“Saya mendapat keluhan dari angkutan ziarah Terminal Lumpur kalau jumlah penumpang mereka sepi. Sebab, banyak lyn yang melanggar trayek dengan mengantar peziarah dari Giri langsung ke Makam Maulana Malik Ibrahim,” ujar Syaichu, kemarin.

Menurut dia, hal ini jelas menyalahi trayek yang telah ditetapkan Dishub Gresik. Sebab, sesuai kesepakatan awal, peziarah setelah dari Giri harus ke Terminal Lumpur. “Tetapi karena banyak lyn yang melanggar trayek hal ini tidak dilakukan,” ungkap dia.

Melihat kondisi ini, pihaknya menilai system penataan trayek wisata di Gresik sangat buruk. Seharusnya di dalam satu kota tidak boleh ada dua terminal wisata. Seharusnya cukup satu saja. “Kalau memang ditetapkan di Giri, maka yang Lumpur harus ditutup saja. Kalau ada dua seperti ini wisatawan yang akan dirugikan,” terangnya.

Kalau nanti terminal Lumpur ditutup, maka angkutan yang ada disana harus dipindah ke Giri. Sehingga, nanti mereka yang akan melayani perjalanan dari Giri ke Makam Maulana Malik Ibrahim. “Dengan begini para wisatawan tidak dirugikan,” kata dia. 

Sementara itu, Kadishub Gresik Nanang Setiawan kepada dewan mengatakan siap untuk menindaklanjuti. Pihaknya meminta dewan mengagendakan rapat komisi untuk membahas permasalahan tersebut. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia