Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Sita Sabu, Ganja, Ineks, hingga Pil LL dari Operator dan Kurir Narkoba

23 September 2019, 18: 42: 37 WIB | editor : Wijayanto

TERTUNDUK MALU: Kapolsek Tegalsari Kompol Rendy Surya Aditama menginterogasi tersangka Didik dan M. Faruk.

TERTUNDUK MALU: Kapolsek Tegalsari Kompol Rendy Surya Aditama menginterogasi tersangka Didik dan M. Faruk. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sebanyak 82 gram sabu-sabu (SS), 41 butir pil Ineks, 2,4 kilogram ganja, serta 42 ribu pil LL berhasil digagalkan peradarannya oleh Polsek Tegalsari. Narkoba berbagai jenis tersebut disita dari tersangka Didik, 23, warga Ambeng-Ambeng Watang Rejo, Duduk Sampeyan Gresik dan M Faruk, 25, warga Desa Sekarsari RT 21 RW 5, Kecamatan Manyar, Gresik.

BERBAHAYA: Barang bukti narkoba yang diamankan Polsek Tegalsari.

BERBAHAYA: Barang bukti narkoba yang diamankan Polsek Tegalsari. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Kedua tersangka saat ini mendekam di ruang tahanan Polsek Tegalsari, Surabaya. Mereka mengaku dikendalikan oleh seorang warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas). Kapolsek Tegalsari Kompol Rendy Surya Aditama mengatakan, kedua tersangka ini masing-masing berperan sebagai kurir dan operator atau bandar gede.

Polisi berhasil menyita pouluhan ribu pil LL, puluhan gram sabu, ganja dan ineks tersebut dari penggerebekan tersangka MF. Pihaknya masih mengembangkan kasus itu untuk mengetahui dari mana barang tersebut berasal.  

“Kami masih kembangkan, tersangka bungkam terkait siapa yang mengendalikan dari lapas. Ada napi dari dua lapas yang mengendalikan mereka,” katanya, kemarin.

Kompol Rendy mengatakan, penangkapan tersebut bermula ketika Tim Anti Bandit Reskrim Polsek Tegalsari mendapat informasi adanya seseorang yang membawa narkoba. Tersangka ini diinformasikan berada di depan salah satu mal besar di kawasan tersebut.

Penyelidikan dilakukan, ditemukan tersangka Didik. Saat digeledah beberapa narkoba diamankan. “Kami amankan tersangka Didik saat itu. Kami temukan 40 butir ineks dan delapan poket SS dalam jaket tersangka,” ungkapnya.

Polisi langsung menginterogasi tersangka Didik, saat itu diketahui jika narkoba yang disita polisi tersebut milik tersangka Faruk yang terbawa olehnya. Tersangka Didik mengaku, ineks dan sabu tersebut terbawa saat dia bertamu ke rumah tersangka Faruk.

Saat itu, polisi langsung menggerebek Faruk yang diketahui berada di warung sambil menjual pil LL ke pelanggannya. “Kami tangkap dan kami keler ke rumahnya,” jelasnya.

Mantan Kapolsek Wonokromo ini menyebutkan, saat digerebek, ditemukan puluhan ribu pil LL, 2,4 kilogram ganja, puluhan gram sabu, dan dua butir ineks yang sudah di bagi menjadi beberapa bagian.

Pengakuan tersangka Faruk, ia hanya sebagai operator yang bertugas memberikan barang ke kurir-kurir sabu. Untuk pembagiannya, ia mendapat perintah langsung dari dua napi di dua lapas berbeda.

“Tersangka bungkam mengenai siapa napi tersebut. Ia mengaku hanya kenal orang yang meranjau barang yaitu Sofyan,” urainya.

Pihaknya kini terus menyelidiki asal narkoba tersebut. Apalagi, ini dalam jumlah banyak. Pengakuan tersangka Didik, ia baru dua kali menjadi kurir untuk persebarannya biasanya di Surabaya dan Gresik. Namun paling banyak di Surabaya.

Sementara tersangka Faruk hanya mengaku menunggu perintah napi di lapas tersebut. Faruk dibayar dengan narkoba yang dioperatorinya tersebut. Jika kekurangan uang ia pun menjual barang tersebut.

“Tersangka juga menjual di Gresik. Istilahnya apoteknya di sana, ahkan saat hendak ditangkap tersangka melayani pembelian pil LL ke dewasa dan ada yang anak-anak,” tuturnya.

Pengakuan tersangka Faruk, ia tidak mengenal siapa orang dalam lapas tersebut. Ia juga tidak tahu barang tersebut dari mana. Ia mendapat barang tersebut secara ranjau dan menunggu perintah saja.

Pil LL yang disita berlogo vitamin B1 untuk mengelabui jasa pengiriman. Faruk mengaku, ia mendapat pil sudah dalam kemasan berlabel viotamin tersebut. “Baru empat kali sejak Juli lalu, saya tidak dibayar uang,” ungkapnya. (gun/rud)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia