Senin, 09 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Parkir Tengah Jalan Wijaya Kusuma Rampung Oktober

22 September 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Ilustrasi Parkiran di Surabaya

Ilustrasi Parkiran di Surabaya (dok)

Share this      

SURABAYA - Untuk mewujudkan program ramah pejalan kaki agar aman dan nyaman, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) bekerja sama membangun lahan parkir di tengah Jalan Wijaya Kusuma. Tepatnya depan SMAN komplek agar tidak menganggu pejalan kaki saat lalu lalang di Jalan Jimerto dan sekitarnya. Kini pembangunan masih dalam proses pengerjaan. 

Menurut Kabid Jalan dan Jembatan DPUBMP Ganjar Siswa Pramono, target perampungan bulan Oktober 2019. Pekerjaan yang dimulai minggu lalu tersebut saat ini tengah proses pavingisasi. “Saat ini dipaving sekitar 10 cm tingginya. Ini nanti kalau sudah jadi kami serahkan ke Dishub Surabaya karena kita cuma bangun aja,” terangnya saat dihubungi Radar Surabaya pada Sabtu (21/9).

Sementara itu Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajad menjelaskan, lahan parkir tengah jalan tersebut tidak akan berdampak pada lalu lintas jalan di sekitar Jalan Wijaya Kusuma. “Kalau mengganggu jalan tidak, wong itu yang banyak parkir maka dari itu kami pindahkan parkirnya ke tengah jalan,” terangnya. 

Menurut Irvan, peruntukan lahan parkir tersebut nantinya untuk kendaraan roda empat (R4). Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk roda dua (R2). “Parkir tersebut kan masuk ke retribusi pajak kota, jadi saat ini untuk R4 dulu sembari menyesuaikan kondisnya baru nanti bisa ditentukan untuk R2 juga,” imbuhnya.

Selain itu, meski merupakan lahan parkir baru, namun tarif parkir nantinya akan tetap sama dengan tarif parkir yang sudah ditetapkan. ”Untuk tariff parkirnya tetap sama tidak berubah, untuk R4 Rp 5 ribu sedangkan untuk R2 Rp 2 ribu,”pungkanya. (rmt/nur)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia