Sabtu, 14 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

KAI Klaim Angka Kecelakaan di Perlintasa Kereta Api Turun

21 September 2019, 14: 21: 02 WIB | editor : Wijayanto

BAHAYA: Harus waspada ketika melintasi perlintasan sebidang rel KA.

BAHAYA: Harus waspada ketika melintasi perlintasan sebidang rel KA. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Angka kecelakaan lalu lintas di perlintasan Kereta Api Surabaya turun. Data yang dihimpun Radar Surabaya pada tahun 2017 terjadi 62 kasus kecelakaan lalu lintas di perlintasan, kemudian tahun 2018 turun menjadi 51 kasus.

Sedangkan untuk tahun 2019, dari bulan Januari hingga Mei 2019 telah terjadi 17 kasus kecelakaan. Menurut Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto turunnya angka kecelakaan ini dikarenakan kesadaran masyarakat saat melintasi perlintasan kereta api semakin meningkat.

“Sebetulnya cara efektif agar selamat melintasi perlintasan kereta dimulai dari disiplin dari diri sendiri dengan tidak menerobos palang perlintasan di tutup,”katanya.

Menurut Suprapto, rambu lalu lintas merupakan alat penunjang, namun yang terlebih penting yakni disiplin dari diri sendiri untuk memastikan keamanan ketika melintas di jaluar kereta tersebut. Palang pintu, sirene dan penjaga perlintasan hanyalah alat bantu keamanan semata. Alat utama keselamatannya ada di rambu-rambu lalu lintas bertanda "STOP" tersebut,"terangnya.

Suprapto juga mengingatkan bahwa pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan akan mendapatkan sanksi hokum.  “Sesuai sanksi hukum yang tertera pada aturan UU No: 22 tahun 2009, pasal 296 ,pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750 ribu, ungkapnya.

Selain itu sesuai UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, pasal 114 menyatakan, pada perlintasan sebidang antara jalur KA dan jalan, pengemudi wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup dan atau ada isyarat lain. “Pengemudi harus mendahulukan kereta api, dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel,”pungkasnya. (rmt/rak)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia