Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle
Resensi Film Minggu

AD ASTRA, Misi Brad Pitt Mencari Sang Ayah yang Hilang di Antariksa

21 September 2019, 13: 41: 56 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (NET)

Share this      

ANDA kangen dengan Brad Pitt? Berarti Anda wajib menonton film yang berjudul Ad Astra ini. Ya, betul. Mantan suami Angelina Jolie itu menjadi tokoh utama di film garapan sutradara James Gray ini.

Diceritakan, sekitar 15 tahun lalu, ada seorang astronot yang mengadakan perjalanan ke luar angkasa. Namanya Clifford McBride (diperankan aktor senior Tommy Lee Jones). McBride dikirim ke luar angkasa untuk sebuah misi yang diberi nama Proyek Lima. Proyek Lima adalah program mencari kehidupan yang canggih di luar angkasa.

Namun, saat McBride menjalankan proyek prestisiusnya itu, ia tidak pernah kembali ke bumi. Ia seperti ditelan kehidupan luar angkasa yang selalu misterius. McBride diramal hilang di sekitar Planet Neptunus.

Keberadaan seorang ayah, apalagi berprofesi sebagai astronot dengan misi luar biasa, tentu membuat anak McBride penasaran. Apalagi hingga si anak tumbuh besar, kabar sang ayah pun seolah ditelah oleh kemisteriusan luar angkasa.

Si anak yang bernama Roy McBride (Brand Pitt) pun dibuat penasaran hingga menggoda keinginannya untuk menjadi astronot, seperti ayahnya. Roy terobsesi menjadi astronot yang juga menjadi bagian dari proyek luar angkasa untuk menjawab pertanyaan yang hingga ia besar masih menghantuinya. Pertanyaan: bagaimana nasib ayahnya.

Film Ad Astra ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia ke-76 pada 29 Agustus lalu. Pada pemutaran perdana, film berdurasi dua jam lebih itu mendapat sambutan yang lumayan hangat. Termasuk dari kalangan kritikus film-film Hollywood.  

Singkat kata, Roy pun akhirnya sukses menjadi seorang astronot. Ia pun terpilih untuk ‘melanjutkan’ tugas berat sang ayah, yaitu mengungkap misteri yang mengancam kelangsungan hidup manusia di bumi.

Roy harus menjalani proyek yang tak kalah penting (bila dibandingkan proyek ayahnya), yaitu mengadakan perjalanan ke luar angkasa untuk mengungkap rahasia yang meragukan sifat keberadaan manusia di kosmos. Dalam tugasnya, Roy harus menjelajahi tepi luar tata surya.

Tapi, terlepas dari tugas berat itu, sebenarnya Roy punya ambisi pribadi. Ia ingin mengetahui nasib ayahnya. Rupanya sang ayah masih hidup. Bahkan McBride senior kedapatan  membuat rencana yang akan menghancurkan kehidupan manusia di bumi. Nah, di sinilah ketegangan muncul.

Perjalanan Roy yang tidak semudah perkiraannya pun membuat dia akhirnya menemukan alasan mengapa ayahnya pernah gagal menjalankan misi tersebut 15 tahun silam.

Film yang skenarionya ditulis oleh Ethan Gross ini akan membawa penonton melihat keindahan luar angkasa yang benar-benar nyata. Penonton juga bakal dibuat tegang oleh aksi-aksi Roy McBride selama menjalankan misinya.

Ad Astra disebut sebagai salah satu mahakarya dari James Gray yang sebelumnya telah populer melalui deretan filmnya seperti The Lost City of Z, We Own the Night, dan The Immigrant. (opi/berbagaisumber)

Judul        : Ad Astra
Sutradara    : James Gray
Produser    : Brad Pitt, Dede Gardner, Jeremy Kleiner, James Gray, Rodrigo Teixeira, Anthony Katagas
Skenario    : James Gray, Ethan Gross
Pemeran    : Brad Pitt, Tommy Lee Jones, Ruth Negga, Liv Tyler, Donald  Sutherland
Musik        : Max Richter
Sinematografi: Hoyte van Hoytema
Penyunting    : John Axelrad, Lee Haugen
Produksi    : 20th Century Fox, Regency Enterprises, Bona Film Group, Plan B Entertainment, RT Features, Keem Your Head Production, MadRiver Pictures
Distributor    : Walt Disney Studios Motion Pictures
Rilis        : 20 September 2019
Durasi        : 124 Menit

(sb/opi/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia